Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MAKANAN TRADISIONAL: Walikota Risma Dorong Kuliner Indonesia Dipatenkan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Perkumpulan Chef Professional Indonesia (PCPI) untuk mengumpulkan dan mengidentifikasi makanan-makanan di Indonesia agar dapat segera dipatenkan.
 Tri Rismaharini (tengah)./.Antara
Tri Rismaharini (tengah)./.Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Perkumpulan Chef Professional Indonesia (PCPI) untuk mengumpulkan dan mengidentifikasi makanan-makanan di Indonesia agar dapat segera dipatenkan.

"Suatu saat Indonesia akan terkenal dengan kulinernya karena belum ada negara lain yang sekaya akan keragaman bahan makanan di Indonesia," katanya seperti dikutip dalam rilis Munas PCPI pertama, Jumat (4/5/2018).

Risma mengatakan pemkot berjanji akan mengawal proses seritifkasi para chef untuk kebangkitan kuliner khususnya di Surabaya. Selain mengumpulkan dan mengidentifikasi makanan dan minuman khas, Risma juga meminta PCPI membuat catatan sejarah dan asal usul makanan tersebut agar bisa dipatenkan.

Ketua Umum PCPI, Chef Bambang Nurianto mengatakan kegiatan Munas PCPI yang pertama ini bertujuan untuk menyatukan para chef terutama yang belum memiliki standar keahlian tertentu agar bisa ternaungi dan terfasilitasi.

"Kami ingin mempersatukan seluruh profesi dalam bidang kuliner indonesia dalam mewujudkan cita-cita kemadirian bangsa yang mampu memberikan manfaat dan peningkatan kualitas sumber daya baik manusianya maupun sumber daya warisan kulinernya," jelasnya.

Selain itu, lanjut Bambang, Munas tersebut juga untuk memperkaya dan mempertahankan kazanah kuliner nusantara bersama-sama para ahli dan pelaku kuliner Indonesia sehingga mampu mengangkat warisan budaya yang berkiprah di dunia internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper