Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Median Harga Properti Nasional Meningkat 1,06%

Portal properti Rumah.com mencatat bahwa median harga properti residensial secara nasional berada di titik 104,7% pada kuartal pertama tahun 2018.

Bisnis.com, JAKARTA – Portal properti Rumah.com mencatat bahwa median harga properti residensial secara nasional berada di titik 104,7% pada kuartal pertama tahun 2018.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita mengatakan, Rumah.com Property Index (RPI) menghasilkan median harga 104,7% adalah sebuah peningkatan 1,06% dibandingkan kuartal yang sama pada 2017.

Namun, angka ini termasuk penurunan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya pada kuartal keempat 2017 yang berada di angka 105,6. Marine menyatakan RPI ini sangat penting bagi solusi masalah transparansi data properti yang dibutuhkan oleh para pengembang maupun pemburu hunian di Indonesia.

“Data RPI cukup penting karena merupakan hasil analisis dari 400.000 lebih listing properti yang diakses oleh 5,5 juta pengunjung setiap bulan, dimana mereka juga mengunjungi 17 juta halaman properti kami setiap bulan,” ujar Marine di EV Hive, Gondangdia, Rabu (2/5/2018).

Adapun, dengan beragam teknik statistik data dari 400.000 lebih listing properti residensial di Rumah.com dikumpulkan dan dianalisis untuk menunjukkan pergerakan penentuan harga dari sisi suplai. RPI menunjukkan optimism penjual dan mengindikasikan level harga yang diharapkan oleh pemberi suplai residensial di pasar, dalam hal ini adalah pengembang dan penjual perorangan.

Adanya kenaikan jangka pendek dalam Index menunjukkan kecenderungan dalam sentimen. Dalam jangka panjang, index mengindikasikan tahapan siklus properti yang sedang berlangsung. Sebagai informasi Rumah.com pernah terpilih menjadi Asia’s Most Influential Brand for Online Property Search oleh konsumen pada 2016.

Rumah.com juga meraih penghargaan The Best in Experiental Marketing dalam ajang Marketing Award 2017. Rumah.com membantu sekitar 5,5 juta orang dalam mencari dan menemukan rumah di Indonesia setiap bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper