CMA CGM Akuisisi 25% Saham Perusahaan Logistik Swiss

Perusahaan pelayaran asal Perancis, CMA CGM telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi sekitar 25% saham perusahaan logistik asal Swiss, CEVA. Akuisisi ini bakal memperdalam penetrasi CMA CGM di sektor logistik, bisnis yang erat dengan pelayaran.
Rivki Maulana | 25 April 2018 15:12 WIB
Polisi perairan memantau kapal CMA CGM Ottelo yang sandar di Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta, Minggu (23/4). - Antara/Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahaan pelayaran asal Prancis, CMA CGM telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi sekitar 25% saham perusahaan logistik asal Swiss, CEVA. Akuisisi ini bakal memperdalam penetrasi CMA CGM di sektor logistik, bisnis yang erat dengan pelayaran.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Rabu (25/4/2018), CMA CGM siap menyerap surat utang wajib konversi yang diterbitkan CEVA dengan perkiraan nilai antara CHF 380 juta hingga CHF 450 juta atau berkisar Rp5,38 triliun hingga Rp6,38 triliun (kurs Rp14.181)

Surat utang tersebut nantinya bisa dikonversi menjadi saham CEVA setelah mendapat persetujuan dari regulator. Hal ini dilakukan seiring dengan rencana penawaran umum perdana CEVA di Bursa Swiss. Dengan transaksi ini, CMA CGM menargetkan bisa memperdalam penetrasi di sektor logistik yang berkaitan erat dengan pelayaran. CEVA saat ini menjadi salah satu perusahaan logistik global dengan 56.000 pegawai di 160 negara. Tahun lalu, CEVA membukukan pendapatan US$7 miliar atau sekitar Rp97 triliun (kurs Rp13.929).

CEVA saat ini merupakan perusahaan terbesar kelima dalam kontrak logistik, melayani solusi logistik menyeluruh dan menangani gudang seluas lebih dari 9 juta meter persergi di 750 lokasi. CEVA juga memiliki jaringan yang kuat di Asia dengan klien-klien ternama di beragam sektor mulai dari otomotif, consumer, ritel, industri, teknologi, dan kesehatan.

Sejelan dengan akusisi ini, CMA CGM akan mengajukan dua orang untuk masuk dalam jajaran direksi CEVA. Kedua perusahaan juga sepakat untuk menjajaki peluang bisnis yang bisa digarap bersama. Chairman dan CEO CMA CGM, Rodolphe Saadé mengatakan akuisis saham CEVA merupakan langkah yang signifikan dan sejalan dengan strategi pengembangan bisnis CMA CGM.

"Secara bersama-sama, kedua perusahaan juga akan menjajaki kemungkinan kerja sama yang memungkinkan kami mengajukan tawaran yang lebih terdiferensiasi dan kualitatif sambil mengintegrasikan layanan di luar transportasi laut," jelasnya.

Tag : pelayaran
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top