Rancangan Kampung Kargo Dirampungkan Tahun Ini

Rencana pembangunan kampung kargo atau cargo village di Bandara Soekarno Hatta yang diperkirakan bisa meningkatkan kapasitas kargo menjadi dua kali lipat akan dirampungkan rancangannya tahun ini.
Jaffry Prabu Prakoso | 24 April 2018 17:43 WIB
Pesawat kargo - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kampung kargo atau cargo village di Bandara Soekarno Hatta yang diperkirakan bisa meningkatkan kapasitas kargo menjadi dua kali lipat dikejar proses perencanaan selesai tahun ini.

Wakil Presiden Komunikasi Perusahaan PT Angkasa Pura (AP) II Yado Yarismano mengatakan lokasi yang terletak di belakang bandara ini akan dibuat tempat parkir pesawat (apron) kargo menunggu perencanaan selesai.

"Sehingga saat sudah jadi, sementara bisa untuk parkir pesawat. Nanti rencananya kawasan kargo akan dipindah semuanya," katanya kepada Bisnis, Selasa (24/4/2018).

Pemindahan gudang kargo ini dilakukan karena kawasan tersebut akan diubah menjadi terminal 4.

Proses perpindahannya, tambah Yado akan dilakukan secara bertahan berbarengan cargo village selesai.

Diperkirakan kampung kargo bisa menampung hingga 1,5 juta ton barang pertahun atau naik dua kali lipat dari sekarang yang sebanyak 700.000 ton setahun.

Kampung kargo memiliki luas mencapai 90 hektar yang oleh AP II sudah dulu dibangun apron seluas 1,8 hektar. Apron ini akan terhubung langsung ke lini satu gudang kampung kargo.

Tag : kargo, bandara soekarno-hatta
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top