Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Swasembada Bawang Putih 2021 Terkendala Ketersediaan Lahan

Persoalan keterbatasan lahan dinilai bisa menjadi kendala utama dalam pencapaian target swasembada bawang putih pada 2021. Pengamat Pertanian Dwi Andreas Santosa mengatakan, saat ini tidak banyak lahan di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan tidak terlalu tinggi yang cocok untuk penanaman bawang putih.
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Persoalan keterbatasan lahan dinilai bisa menjadi kendala utama dalam pencapaian target swasembada bawang putih pada 2021.

Pengamat Pertanian Dwi Andreas Santosa mengatakan, saat ini tidak banyak lahan di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan tidak terlalu tinggi yang cocok untuk penanaman bawang putih.

"Kalaupun ada, sudah penuh sesak dengan komoditas lain, seperti kentang atau wortel," ujarnya, Rabu (18/4).

Keterbatasan lahan ini yang membuat impor menjadi pilihan utama untuk menjaga pasokan bawang putih agar permintaan masyarakat atas komoditas ini tidak terganggu.

Namun, tidak hanya persoalan tanah, karena juga ada permasalahan lainnya seperti infrastruktur, kemampuan sumber daya manusia, serta kepastian pasar.

Oleh karena itu, menurutnya, penempatan sentra produksi bawang putih yang ideal hanya di sekitar wilayah Jawa dan Sumatra.

Padahal lahan potensial di kawasan ini sudah berkurang jauh dan tanah kosong hanya tersedia sebanyak 56.400 hektare.

Saat ini, lahan yang cocok untuk penanaman bawang putih lebih banyak terdapat di kawasan timur Indonesia, salah satunya Timor Tengah Selatan di Nusa Tenggara Timur yang memiliki luas 166.100 hektare.

Namun, Dwi Andreas mengatakan penanaman di kawasan tersebut tidak terlalu ideal karena berada di wilayah perbatasan dengan pasar yang tidak jelas.

"Siapa yang mau beli di sana? Nanti kasusnya seperti Jeruk di Kalimantan zaman pak Harto. Tanam besar-besaran, tidak ada yang beli, akhirnya malah terbuang," kata Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Akan tetapi, Kementerian Pertanian masih menyakini jumlah lahan untuk produksi bawang putih dalam negeri masih banyak dengan angka potensial mencapai 200.000  hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper