Peta Rencana Energi Daerah Rampung Juni 2018

Dewan Energi Nasional (DEN) menargetkan penyelesaian penyusunan rencana umum energi daerah (RUED) di 34 provinsi dapat selesai seluruhnya pada Juni 2018.
Denis Riantiza Meilanova | 27 Maret 2018 19:57 WIB
Pipa Gas-1. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Energi Nasional (DEN) menargetkan penyelesaian penyusunan rencana umum energi daerah (RUED) di 34 provinsi dapat selesai seluruhnya pada Juni 2018.

Target ini telah mundur dari target awal yang direncanakan rampung sebelum tahun politik 2018.

"Mewakili Kementerian Dalam Negeri, membangun optimisme bahwa penyelesaian RUED ini suatu keniscayaan akan segera diselesaikan sesuai komitmen bersama, yaitu selesai pada Juni 2018, Insyaallah," ujar Anggota DEN Syamsir Abduh di Kantor Kementerian ESDM, di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 tahun 2017, RUED harus selesai satu tahun sejak Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) ditetapkan. Sedangkan RUEN telah ditetapkan pada Maret 2017.

Penyelesaian RUED menjadi perhatian pemerintah mengingat di dalamnya mengandung target dan sasaran yang ingin dicapai daerah dalam menjamin ketahanan energi dalam jangka panjang. Sehingga diharapkan RUED dapat segera selesai tepat waktu agar target dan sasaran yang dicapai daerah sesuai dengan visi dalam rencana umum energi nasional (RUEN).

DEN akan terus mendorong daerah menyelesaikan draft RUED sesuai target. DEN menilai Pilkada yang berlangsung di sejumlah daerah tahun ini seharusnya tidak akan menghambat penyelesaian RUED.

Anggota DEN Dwi Hary Soeryadi menambahkan bahwa Juni 2018 merupakan target penyelesaian draft RUED. Terkait target penyelesaian Raperda RUED diluar pengawasan DEN.

"Target penyelesaian RUED itu Juni, itu sudah dalam bentuk narasi dan matrik. Tapi untuk Perda-nya tentu tergantung daerahnya masing-masing karena mereka juga perlu koordinasi dan sinkronisasi dengan pihak DPRD-nya," ujar Dwi.

Tag : pipa gas
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top