Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lion Air Group Mulai Operasikan Boeing 737 MAX 9

Lion Air Group, melalui Thai Lion Air, segera melayani rute penerbangan dengan pesawat Boeing 737 MAX 9 pertama di dunia.
Thai Lion Air/Istimewa
Thai Lion Air/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA– Lion Air Group, melalui Thai Lion Air, segera melayani rute penerbangan dengan pesawat Boeing 737 MAX 9 pertama di dunia.

Pesawat beregistrasi HS-LSH itu sudah segera memasuki layanan komersial, usai didatangkan Boeing Company secara langsung dari Seattle, Amerika Serikat ke Bandar Udara Internasional Don Mueang, Bangkok, Thailand.

Boeing 737 MAX 9 merupakan pesawat dengan kabin lorong tunggal (single aisle) berkapasitas 215 kursi dengan ruang antar tempat duduk yang cukup luas. Pesawat itu turut dilengkapi Boeing Sky Interior, dengan ruang penyimpanan barang bawaan ukuran besar.

CEO and Chairman Thai Lion Air Capt. Darsito Hendro Seputro mengatakan perusahaannya yang merupakan salah satu unit bisnis Lion Air Group dengan bangga mengoperasikan pesawat Boeing 737 MAX 9 pertama di dunia.

Lion Air Group Mulai Operasikan Boeing 737 MAX 9

Thai Lion Air bakal mempergunakan pesawat terbaru itu untuk ekspansi dengan membuka lebih banyak rute penerbangan jarak jauh.

“Pesawat ini sangat tepat untuk mendukung bisnis kami yang sedang tumbuh di Thailand. MAX 9 akan menjadi salah satu kekuatan armada Thai Lion Air dalam meningkatkan kapasitas angkutan sekaligus membuka beberapa rute baru,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (24/3).

President sekaligus CEO Boeing Commercial Airplanes Kevin McAllister menyebutkan Lion Air merupakan salah satu grup maskapai yang banyak mengandalkan pesawat lorong tunggal. Dengan menggunakan Boeing 737 MAX, Lion Air Group dapat semakin meningkatkan efisiensi dalam industri penerbangan.

Boeing 737 MAX 9, menurutnya dapat menekan biaya operasional maskapai lantaran lebih efisien. Kevin menyatakan 737 MAX merupakan seri pesawat yang membukukan penjualan tercepat dalam sejarah Boeing.

Lion Air Group Mulai Operasikan Boeing 737 MAX 9

Dari sisi teknologi, Boeing 737 MAX 9 dilengkapi dua lekukan pada masing-masing ujung sayap (winglets). Pesawat itu menggunakan mesin CFM International LEAP-1B untuk mengurangi tingkat kebisingan.

Konsumsi bahan bakar dan tingkat emisi seri pesawat itu diklaim lebih rendah 14% dibanding tipe 737 yang beroperasi saat ini.

Lion Air Group merupakan maskapai pembeli pertama Boeing MAX 9. Grup maskapai yang berbasis di beberapa negara kawasan Asia Tenggara ini turut menjadi operator penerbangan pertama yang menambahkan Boeing 737 MAX 8 ke dalam layanan operasionalnya.

Lion Air Group turut berkomitmen mendatangkan sebanyak 50 unit Boeing 737 seri MAX 10. Group maskapai ini memiliki pesanan tambahan 1.273 pesawat seri MAX, jumlah tersebut menjadikan Lion Air Group sebagai salah satu operator terbesar di dunia.

Thai Lion Air adalah salah satu dari Low Cost Carrier (LCC) di Lion Group yang didirikan pada 2013, memiliki 12 jaringan domestik, dua penerbangan lintas negara (regional) dan lebih dari 20 destinasi internasional.

Thai Lion Air mengoperasikan all new aircrafts, terdiri Boeing 737-900ER dapat membawa 215 penumpang, Boeing 737-800 dengan 189 kursi, Airbus A330-300 berkapasitas 392 kursi. Saat ini, Thai Lion Air memiliki total 32 pesawat baru.

Lion Air Group Mulai Operasikan Boeing 737 MAX 9

Untuk layanan kepada pelanggan, Thai Lion Air memberikan bagasi cuma-cuma 20kg pada penerbangan internasional, 10kg untuk penerbangan domestik dan 15kg khusus peralatan olahraga. Thai Lion Air juga memiliki layanan baru yang dinamakan Lion Seat Selection, menawarkan kemudahan bagi penumpang untuk memilih kursi sendiri dengan tarif mulai dari 60 Baht.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper