Aptrindo Gelar Pelatihan Gratis Bagi Sopir & Mekanik Truk

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menyiapkan program pelatihan bagi pengemudi/sopir truk di DKI Jakarta untuk mewujudkan aspek keamanan dan kenyamanan bisnis angkutan barang.
Akhmad Mabrori | 22 Maret 2018 14:52 WIB
Alat pengangkut kontainer (Reach Stacker) dioperasikan untuk memindahkan kontainer ke atas truk, di Pelabuhan Cabang Makassar yang dikelola Pelindo IV, Selasa (20/2/2018). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA—Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menyiapkan program pelatihan bagi pengemudi/sopir truk di DKI Jakarta untuk mewujudkan aspek keamanan dan kenyamanan bisnis angkutan barang.

Mustadjab Susilo Basuki , Ketua DPD Aptrindo DKI Jakarta, mengatakan pelatihan akan digelar di Jakarta pada 4 April 2018 untuk Sopir Truk dan Kepala Sopir Truk  serta pada 5 April 2018 untuk mekanik, manajer pembelian, dan manajer pengadaan.

Pelatihan tersebut digelar melalui program Aptrindo DKI dan TRUCKMagz ber tajuk ‘School Safety First Efficiency Follow'.

"Satu perusahaan bisa mengirimkan lebih dari satu peserta dan tidak dipungut biaya apapun, dan peserta akan mendapatkan piagam kepesertaan," ujar Mutadjab, saat jumpa pers Aptrindo DKI Jakarta hari ini Kamis (22/3/2018).

Dia mengatakan, pelatihan bagi Sopir Truk tersebut akan dipandu tim Indonesia Defensive Driving Training yang memiliki sertifikasi internasional.

Menurut Mustadjab, dengan edukasi yang cukup mengenai faktor keselamatan dalam mengemudikan Truk kepada para Sopir diharapkan tidak ada lagi prilaku ugal-ugalan di jalan raya serta lalai terhadap kelaikan truk saat dioperasikan, namun menumbuhkan budaya saling menghargai di jalanan.

"Kegiatan pelatihan Sopir Truk ini sudah dilaksanakan di Cilegon Provinsi Banten dan Jawa Tengah, dan saat ini akan dilaksanakan di Jakarta," ujarnya.

Dia mengungkapkan program pelatihan pengemudi truk itu akan dilaksanakan secara berkesinambungan guna mendukung program pemerintah yakni zerro accident di sektor transportasi.

Dirut PT Dunia Expres (Dunex) Jimmy Ruslim mengatakan sangat merespon positif program pelatihan bagi sopir truk karena bisa meminimalisir tingkat kecelakaan di jalan raya.

Saat ini, Aptrindo DKI Jakarta beranggotakan 801 perusahaan trucking dengan jumlah armada mencapai 18.000-an unit yang beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok dan sekitarnya.

Tag : truk, aptindo
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top