Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Olly Resmikan SPAM di Tondano

Sistem Penyediaan Air Minum di Danau Tondano diresmikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, hari ini, Jumat (16/3/2018).
Kurniawan A. Wicaksono
Kurniawan A. Wicaksono - Bisnis.com 17 Maret 2018  |  04:37 WIB
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. - ANTARA/Wahyu Putro A
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, MANADO – Sistem Penyediaan Air Minum di Danau Tondano diresmikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, hari ini, Jumat (16/3/2018).

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kelurahan Paleloan Tondano Selatan ini, menurut Olly, akan mampu memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat. Apalagi, air merupakan kebutuhan sentral bagi manusia.

“Karena Tondano identik dengan kota air tapi kenyataannya susah air. Sekarang, hadirnya instalasi ini kiranya dapat dirawat dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Tondano dan sekitarnya,” ujarnya.

Selain untuk mengolah kepentingan makan, minum, mandi, dan mencuci, Olly menegaskan, air menjadi aspek penunjang masyarakat dalam berbagai aktivitas lain di bidang pertanian, perikanan, perkebunan, industri pariwisata, serta siklus lingkungan hidup.

Pihaknya mengajak masyarakat agar bersama-sama mengelola dan melakukan efisiensi dalam penggunaan sumber daya air. Apalagi, akses kuantitas maupun kualitas air semakin menurun di tengah terus bertambahnya kebutuhan karena populasi manusia yang padat.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Djidon Watania mengatakan peresmian ini menjadi upaya untuk memfungsikan prasarana dan sarana yang sudah dibangun tapi belum berjalan sesuai dengan semestinya.

Hal ini dikarenakan pihak PDAM Minahasa sangat sulit untuk mendapatkan bahan bakar minyak solar industri serta mahalnya biaya pengoperasian jika dibandingkan dengan penggunan listrik PLN dalam kajian ekonomis.

“Dan manfaat pekerjaan ini untuk memenuhi kebutuhan air baku Kampus IPDN Tampusu , Kampus UNIMA di Tondano dan sebagian masyarakat Kota Tondano dan sekitarnya,” tutur Djidon.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manado
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top