Ini Tips Kembangkan Brand Lokal ala Lizzie Parra

Para perempuan dari generasi millenial pasti sudah tak asing lagi dengan Lizzie Parra, seorang make up artist yang juga menjadi influencer dan mendirikan brand produk kecantikan yang dikenal dengan By Lizzie Parra (BLP).
Deandra Syarizka | 16 Maret 2018 16:30 WIB
Lizzie Parra - Hitsss.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Para perempuan dari generasi millenial pasti sudah tak asing lagi dengan Lizzie Parra, seorang make up artist yang juga menjadi influencer dan mendirikan brand produk kecantikan yang dikenal dengan By Lizzie Parra (BLP).

Sejak mendirikan BLP pada 20 Juni 2016, dia menyatakan telah mengalami suka duka dalam mengembangkan produk kecantikannya menjadi produk berskala nasional.

Dia mengaku telah memiliki mimpi untuk membangun brand sendiri sejak 5 tahun lalu. Berbekal latar belakang pendidikannya di bidang bisnis, sekaligus pengalamannya bekerja di perusahaan kecantikan, dia pun akhirnya memberanikan diri untuk ke luar dari zona nyamannya dan merintis usaha sebagai make up artist yang memiliki brand kecantikan sendiri.

"Aku bikin proposal ke orang tuaku tentang rencana bisnis, potensi pasarnya, kapan BEP (Break Even Point), semuanya, " jelasnya.

Dia menilai, salah satu dari kelemahan para pengusaha pemula adalah kurangnya perencanaan. Inilah uang menyebabkan berbisnis seakan menjadi gambling bagi kebanyakan orang.

Selain itu, sejak awal juga dia telah memahami  kekuatan produknya adalah branding. Oleh karena itu, selain kualitas produknya, Lizzie juga sangat memperhatikan kemasan hingga strategi pemasarannya.

"Sejak awal aku pengen BLP jadi brand yang terlihat tidak murah, tapi harganya reasonable, " jelasnya.

Terbukti, dengan produk pertamanya berupa lip coat yang dijual dengan rentang harga Rp99.000 hingga Rp129.000, dan kekuatan media sosialnya yang memiliki pengikut hingga 143.000 orang ini membuatnya sempat kewalahan melayani pesanan melalui situsnya.

"Aku gak nyangka sebulan penjualan sampai website itu down," ujarnya.

Namun, dia mengaku, hal tersebut pun menjadi pembelajaran yang cukup efektif. Selain mulai merekrut karyawan yang ahli di bidangnya untuk menjalankan perusahaan, dia juga mulai melebarkan pemasarannnya ke situs dagang-el dan juga toko ritel offline.

Berkat strategi tersebut, dia mengaku penjualannya cukup melonjak dari 200 paket per hari menjadi 1.000 paket per hari.

Dia pun kini telah memiliki toko offline di salah satu pusat perbelanjaan, di mana BLP disejajarkan dengan brand kecantikan premium dari luar negeri.

Dengan kesuksesannya itu, Lizzie kerap diundang sebagai pembicara untuk memberikan inspirasi kepada para kreator lokal yang ingin merintis produknya. Berikut tips mengembangkan produk lokal ala Lizzie Parra:

1.Adaptasi dengan Perubahan

Salah satu kunci suatu brand lokal untuk bertahan adalah kemampuannya dalam mengikuti perkembangan zaman. Terlebih lagi bagi produk lokal yang memanfaatkan teknologi digital untuk pemasarannya, mengingat teknologi digital pada tahun ini juga telah mengalami perkembangan cukup pesat dibandingkan dengan beberapa tahun lalu.

2. Rekrut Ahli di Bidangnya

Tim yang solid dan ahli di bidangnya juga menjadi salah satu faktor yang mendorong perusahaan berskala kecil dan menengah untuk berkembang.

Mengenai hal ini, dia menghimbau pada pengusaha untuk jangan ragu mengeluarkan gaji yang cukup besar bagi karyawan yang ahli di bidangnya.

"Saya lebih baik kasih gaji besar karyawan yang memang expert, yang penting perusahaan ini jalan. Semuanya jangan ditanggung sendirian, " jelasnya.

3. Selalu Berdoa

Selain berusaha secara maksimal, Lizzie pun beranggapan sangat penting untuk selalu menyertakan doa dalam setiap langkah pengembangan usahanya. Hal ini pun dia jadikan budaya perusahaan dan selalu diterapkan hingga kini.

Tag : kecantikan
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top