Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Serahkan Pengembangan Airport Hub AirAsia ke AP II

Sudah ada pertemuan bersama AP II, untuk [perkembangan] selanjutnya memang diserahkan kembali antara AP II dan AirAsia,
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Pihak Kementerian Perhubungan menyerahkan tindak lanjut rencana AirAsia Group soal pengembangan Bandara Silangit dan Bandara Banyuwangi sebagai penghubung (hub) kepada PT Angkasa Pura II (Persero).

Direktur Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Bintang Hidayat mengaku hingga saat ini belum ada kepastian dari pihak perusahaan maskapai asal Malaysia tersebut.

"Sudah ada pertemuan bersama AP II, untuk [perkembangan] selanjutnya memang diserahkan kembali antara AP II dan AirAsia," kata Bintang, Kamis (15/3/2018).

Berdasarkan catatan Bisnis, rencana pengembangan kedua bandara tersebut menjadi hub mencuat usai CEO AirAsia Group Tony Fernandes bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan, pada 19 Februari 2018.

Rencananya bandara yang menjadi tujuan hub Bandara Silangit yakni Bandara Kualanamu di Medan dan Bandara HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan. Adapun, Bandara Blimbingsari di Banyuwangi akan menjadi penghubung untuk destinasi wisata kawasan Timur Indonesia.

Pengembangan tersebut akan menggandeng PT Angkasa Pura II (Persero) selalu operator kedua bandara tersebut dan penyandang status Badan Usaha Bandar Udara (BUBU).

Adapun, pembangunan infrastruktur tambahan penunjang hub tersebut ditargetkan rampung sebelum pelaksanaan Annual Meeting IMF World Bank di Bali pada Oktober 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper