Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonomi Asmat Terdongkrak Proyek Pembangunan Infrastruktur & Perumahan

Pemerintah Kabupaten Asmat menyatakan adanya bantuan pembangunan infrastruktur dan perumahan rakyat yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bisa meningkatkan perekonomian serta menjadikan hunian masyarakatnya
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 04 Maret 2018  |  01:47 WIB
Prajurit TNI berbincang dengan warga saat menunggu antrean berobat di puskesmas Ayam di kampung Bayiwpinam, Distrik Akat, Kabupaten Asmat, Papua, Jumat (26/1). - ANTARA/M Agung Rajasa
Prajurit TNI berbincang dengan warga saat menunggu antrean berobat di puskesmas Ayam di kampung Bayiwpinam, Distrik Akat, Kabupaten Asmat, Papua, Jumat (26/1). - ANTARA/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Asmat menyatakan adanya bantuan pembangunan infrastruktur dan perumahan rakyat yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  bisa meningkatkan perekonomian serta menjadikan hunian masyarakatnya

lebih layak huni.

Bupati Asmat Elias Kambu menuturkan pada 2018 Kementerian PUPR memberikan bantuan di sektor perumahan berupa 150 unit rumah khusus dan 1.000 unit rumah dalam Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Bantuan perumahan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami. Meskipun masyarakat kami punya lahan di dusun yang luas, tapi kemampuan untuk membangun rumah sangat sulit,”katanya dalam keterangan resminya Sabtu (3/3/2018).

Selain di sektor infrastruktur seperti jalan dan hunian bagi masyarakat, imbuhnya, pihaknya juga melakukan pembenahan di sektor sanitasi berupa penyediaan air bersih. Dengan demikian, selain menempati rumah yang layak huni bantuan dari pemerintah pusat, masyarakat pun bisa menikmati fasilitas air bersih sehingga kesehatannya pun lebih terjaga dengan baik.

“Pembangunan perumahan bagi masyarakat Asmat ini tersebar di empat distrik yang

ada di Kabupaten Asmat,”tandasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan, pihaknya siap membantu meningkatkan kualitas hunian bagi masyarakat di Kabupaten Asmat. Pasalnya, dengan tinggal di rumah yang layak huni, kesehatan masyarakat khususnya anak-anak bisa lebih terjaga dengan baik.

Selain memberikan bantuan rumah, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan juga memberikan bantuan lampu solar hemat energi dari PT Panasonic kepada masyarakat Asmat. Adanya lampu penerangan hemat energy yang menggunakan energi solar cell diharapkan dapat membantu penerangan bagi masyarakat Awsmat di malam hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asmat
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top