Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Demi Kurangi Risiko Residual, AirAsia Jual Unit Bisnis Penyewaan Pesawat

AirAsia berniat mengurangi risiko residual dengan menjual sebagian aset non inti berupa unit operasi penyewaan pesawat terbang milik Asia Aviation Capital Ltd.

Bisnis.com, JAKARTA—AirAsia berniat mengurangi risiko residual dengan menjual sebagian aset non inti berupa unit operasi penyewaan pesawat terbang milik Asia Aviation Capital Ltd.

Perusahaan maskpai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) asal Malaysia tersebut menjual unit operasi penyewaan pesawat terbang kepada entitas yang dikelola oleh BBAM Limited Partnership senilai US$1,18 miliar.

“Kesepakatan ini menunjukkan bahwa upaya tersebut adalah strategi yang tepat karena kami memiliki aset investasi yang bernilai untuk dijual kembali sebagai imbalan atas uang dan hubungan ekuitas dalam dua perusahaan besar, sekaligus mengurangi risiko residual," kata CEO Grup AirAsia Tony Fernandes dalam rilisnya hari ini Kamis (1/3/2018).

Dia mengaku telah memulai strategi tersebut sejak 2004 dan telah membuahkan hasil. Pengurangan aset fisik non inti tersebut akan ditunjang dengan penguatan strategi digital yang baru.

Berdasarkan kesepakatan, lanjutnya, FLY Leasing Limited (FLY), Incline B Aviation Limited Partnership (Incline), dan Nomura Babcock and Brown (NBB) akan mengakuisisi sebanyak 84 pesawat terbang dan 14 mesin. Nantinya, sebanyak 79 pesawat dan 14 mesin akan disewakan kembali pada AirAsia dan afiliasinya.

FLY dan Incline juga sepakat untuk mengakuisisi 48 pesawat yang akan dikirim ke AirAsia dan sedang mempertimbangkan untuk mengakuisisi 50 pesawat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper