Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Lelang Koleksi Pribadi Pejabat Negara Disalurkan ke Mana?

Bisnis.com, JAKARTA Pemerintah hari ini melelang sejumlah koleksi pribadi pejabat negara dalam rangka 110 Tahun Lelang Indonesia. Lalu kemana hasil lelang akan disalurkan?

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah hari ini melelang sejumlah koleksi pribadi pejabat negara dalam rangka 110 Tahun Lelang Indonesia. Lalu kemana hasil lelang akan disalurkan?

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan pihaknya sudah menggandeng sebuah yayasan nirlaba bernama YAPPIKA untuk membantu fokus kegiatan memperbaiki fasilitas pendidikan.

Pihaknya juga menggandeng seniman Reza Rahardian yang tercatat aktif dalam kegiatan YAPPIKA.

Hasil Lelang Koleksi Pribadi Pejabat Negara Disalurkan ke Mana?

"Seperti dikatakan Menteri Keuangan ini hasil koleksi pribadi tentu masuknya bukan untuk pendapatan negara tetapi akan disalurkan untuk membantu memperbaiki fasilitas pendidikan dengan bekerjasama YAPPIKA," katanya, Rabu (28/2/2018).

Isa mengemukakan negara hanya akan mendapat manfaat dari biaya pajak yang dikenakan selama proses lelang sampai barang tersebut sah menjadi milik salah seseorang peserta yang memenangkan lelang.

Lalu bagaimana profil YAPPIKA?

Dilansir dalam laman resminnya, cikal bakal YAPPIKA berawal sejak 1991 dengan terbentuknya Yayasan Persahabatan Indonesia Kanada (YAPIKA) atau Forum Indonesia Kanada (The Indonesia-Canada Forum/ICF). Fungsi YAPIKA pada saat itu adalah sebagai lembaga yang menyalurkan dana kepada organisasi-organisasi nirlaba di Indonesia. Kepengurusan YAPIKA adalah kolektif antara organisasi-organisasi nirlaba Indonesia dan Kanada.

Pada 1997, YAPPIKA mengalami perubahan menjadi lembaga Indonesia dan menambah peran-perannya untuk meningkatkan kapasitas organisasi-organisasi nirlaba Indonesia, melakukan advokasi kebijakan nasional pada isu-isu tertentu yang menjadi fokus perhatiannya. Nama YAPIKA pun berubah menjadi Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif, dan kemitraan Masyarakat Indonesia (YAPPIKA).

Mulai 2016, YAPPIKA menjadi anggota Federasi ActionAid Internasional. ActionAid adalah federasi organisasi nirlaba yang beranggotakan organisasi-organisasi nirlaba di 45 negara. YAPPIKA-ActionAid memiliki misi yang beririsan, yaitu memerangi kemiskinan dan ketidakadilan. Misi tersebut dilakukan bersama-sama masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Achmad Aris
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper