Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mentan Minta Anggaran Pertanian Fokus ke Sektor Produksi

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta agar anggaran pertanian bisa fokus pada sektor yang dapat mengangkat produksi pertanian.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 20 Februari 2018  |  20:54 WIB
Mentan Minta Anggaran Pertanian Fokus ke Sektor Produksi
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman - Antara/Andika Wahyu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta agar anggaran pertanian bisa fokus pada sektor yang dapat mengangkat produksi pertanian.

Hal ini disampaikan kepada peserta Rapat Koordinasi Teknis (Rakorteknis) Perencanaan Pembangunan Pertanian 2019 yang terdiri atas Sekretaris Dinas Lingkup Pertanian Provinsi seluruh Indonesia.

"Usulkan ke Gubernur dan Bupati, susun anggaran yang fokus kepada peningkatan produksi" katanya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (20/2/2018).

Amran merinci lebih lanjut agar distribusi anggaran bisa difokuskan kepada peningkatan kesejahteraan petani seperti ketersediaan air, pengadaan bibit unggul dan pupuk tepat waktu, pengadaan alat mesin pertanian seperti RMU penggilingan, processing dan packaging pertanian yang menarik, juga tentunya perbaikan regulasi.

Amran menyebutkan hingga saat ini sebanyak 241 regulasi pertanian yang dinilai menghambat telah dicabut. Ke depannya, aka nada 50 peraturan yang juga berpotensi untuk dicabut.

Dia juga mendorong agar semua pihak bisa tetap optimis melihat potensi besar sektor pertanian di Indonesia.

Adapun Rapat Kordinasi Teknis ini mengangkat tema Penguatan infrastruktur dan korporasi petani untuk percepatan pertumbuhan sektor pertanian berkualitas. Rapat koordinasi ini bertujuan untuk mensinergikan usulan kebijakan dari daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota untuk dilakukan penyelarasan dengan kebijakan yang ada di pusat atau di Kementerian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertanian andi amran sulaiman
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top