Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Mulai Pembangunan Terminal Anak Air, Swasta Diajak Terlibat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (9/2/2018), melaksanakan peletakan batu pertama proyek pembangunan Terminal Tipe A Anak Air, Padang, Sumatra Barat,untuk peningkatan kapasitas dan pelayanan transportasi sekaligus menjamin konektivitas khususnya transportasi darat di kota ini.
Area pengembangan Terminal.
Area pengembangan Terminal.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (9/2/2018), melaksanakan peletakan batu pertama proyek pembangunan Terminal Tipe A Anak Air, Padang, Sumatra Barat,untuk peningkatan kapasitas dan pelayanan transportasi sekaligus menjamin konektivitas khususnya transportasi darat di kota ini.

Menteri Perhubungan mengatakan konektivitas antarwilayah dan antarmoda di Kota Padang harus diwujudkan.

“Kami membayangkan dari Padang ke kota-kota yang lain itu terkoneksi dengan baik dan pada titik-titik tertentu di mana di kota ini harus ada suatu terminal yang merupakan perubahan moda dari satu moda ke moda yang lain,” kata Menhub Budi, dalam siaran pers, Jumat (9/2/2018).

Menhub menargetkan pembangunan Terminal Tipe A Anak Air ini selesai dalam 2 tahun hingga 2019 atau paling lambat 2020. Tahun ini, Menhub menganggarkan dana Rp7 miliar, dan kemungkinan pada tahun depan senilai Rp60 miliar.

Menhub mengatakan bahwa dalam pembangunan terminal tipe A ini pihaknya akan memberi ruang kepada BUMN, dan swasta termasuk yang ada di daerah, semacam proyek kerjasama pemerintah dan badan usaha bersama.

Dengan melibatkan banyak pihak, dia berharap penyelesaian pembangunan lebih cepat dan dana-dana ini bisa bergulir, tidak saja di terminal tetapi juga fungsi-fungsi yang lain, seperti pengadaan lampu penerangan jalan, BRT (bus rapid transit).

Terkait keterlibatan swasta dalam pembangunan dan pengembangan terminal tipe A ini Menhub menyebut terdapat sejumlah perusahaan swasta yang menyatakan minat bekerjasama, seperti di Terminal Tirtonadi di Solo, Terminal Cilacap, Terminal Bawen, dan Terminal Cirebon.

Wali Kota Padang Mahyeldi menyatakan kesiapannya untuk mendukung proyek pembangunan Terminal Tipe A Anak Air ini. “Masyarakat di sini sangat mendukung, mudah-mudahan pembangunannya akan berjalan cepat dan lancar, masyarakat.”

Nantinya terminal penumpang seluas 2,7 hektar ini diyakini dapat menampung hingga 17 rute trayek antarkota antarpropinsi atau AKAP, 59 rute trayek bus antarkota dalam propinsi atau AKDP dan 1 lintasan BRT dan 78 angkutan kota.

Terminal Tipe A Anak Air diperkirakan mampu menampung sebanyak 1.752 penumpang / hari dengan juga dilengkapi fasilitas komersial berupa tenant dan tempat uji KIR.

Turut mendampingi Menhub dalam acara ground breaking Terminal Tipe A Anak Air hari ini (9/2) anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan sejumlah unsur Pemerintah Kota Padang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper