Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tsukiji-nya Indonesia Siap Dibangun

Pasar ikan modern Muara Baru Jakarta segera dibangun. Pasar ikan itu diproyeksikan menjadi Tsukiji Fish Market Indonesia.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 08 Februari 2018  |  14:15 WIB
Muara Baru di Jakarta Utara - Reuters/Darren Whiteside
Muara Baru di Jakarta Utara - Reuters/Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar ikan modern Muara Baru Jakarta segera dibangun. Pasar ikan itu diproyeksikan menjadi Tsukiji Fish Market Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dijadwalkan meresmikan pemasangan tiang pancang alias groundbreaking di lokasi proyek pukul 14.00 WIB.

Sekretaris Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Berny Achmad Subki mengatakan proyek didanai oleh APBN senilai Rp150 miliar.

"Pembangunan direncanakan selesai Desember tahun ini," katanya sebelum acara, Kamis (8/2/2018).

Dia menuturkan bangunan akan memiliki tiga lantai dengan pemisahan lapak basah dan kering. Pasar akan terdiri atas 900 lapak basah, 69 kios pasar kering (dry market) maritim, 18 kios pancing, dan 68'kios ikan segar (fresh fish market).

Pasar ikan modern merupakan bagian dari rencana penataan Muara Baru menjadi national fishery center. Selain pasar ikan modern, akan dibangun pula rumah sakit, rumah singgah untuk nelayan, tempat pelelangan ikan terintegrasi.

"Kami akan bangun Muara Baru seperti Tsukiji (Tsukiji Fish Market di Jepang)," ujar Susi sebelumnya.

Siaran pers PT Pembangunan Perumahan (Persero) selaku kontraktor proyek menyebutkan pasar akan dibangun di atas lahan 22.444 m2 milik KKP.

Pasar akan dilengkapi chilling room, ice storage, layanan perbankan, klinik kesehatan, wisata kuliner, laboratorium, masjid, pengepakan ikan, gardu PLN, dan instalasi pengelolaan air limbah.

"Pasar ikan modern Muara Baru adalah pasar ikan pertama di Indonesia yang mengusung konsep higienis dan modern 'one stop shopping' aneka produk perikanan."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pasar Ikan
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top