Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIKAT PARIWISATA: Sumbar Luncurkan Calender of Event

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meluncurkan kalender acara yang berisi 58 agenda pariwisata di Sumatera Barat guna mengejar target 75.000 wisatawan mancanegara pada tahun ini.
Rumah Gadang./.Antara
Rumah Gadang./.Antara

Bisnis.com, JAKARTA— Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meluncurkan kalender acara yang berisi 58 agenda pariwisata di Sumatera Barat guna mengejar target 75.000 wisatawan mancanegara pada tahun ini.

Gubernur Sumatera Irwan Prayitno mengatakan, cita rasa kuliner Sumatra Barat akan selalu menjadi daya tarik khas daerah tersebut. Oleh karena itu, pihaknya menggunakan brand The Taste of Padang untuk mempromosikan pariwisata di Sumatera Barat.

"Telah ada 58 event yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Sumatra Barat. Malam ini juga kami akan meluncurkan kembali secara resmi Taste of Padang, sebuah tagline yang mewakili Sumatera Barat secara keseluruhan," ujarnya saat acara peluncuran, Rabu (6/2/2018) malam.

Turut hadir dalam acara ini Menteri Pariwasata Arief Yahya,, dan Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Oni Yulfian.

Adapun Calender of Event 2018 Sumatera Barat terdiri dari 58 event, di mana tiga di antaranya termasuk ke dalam CoE Nasional yaitu Tour de Singkarak, Festival Budaya Minangkabau dan Sawahlunto Internasional Music Festival. Sementara itu 55 lainnya merupakan agenda yang mewakili seluruh daerah Sumatera Barat. CoE Sumatera Barat ini merupakan CoE perdana yang dimiliki Ranah Minangkabau

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pemerintah pusat siap membantu promosi agenda pariwisata yang telah disusun dalam CoE.

“Kalau konten apa saja tidak masalah, semua provinsi pasti akan kita bantu,” ujarnya.

Berdasarkan data BPS, realisasi kunjungan wisman ke Sumbar pada tahun lalu naik 13,34% dari 49.686 orang pada 2016 menjadi 56.313 orang tahun lalu.
Pemerintah pun memproyeksikan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatera Barat naik menjadi 75.000 orang pada tahun ini, sedangkan wisatawan nusantara mencapai 8 juta orang.

Salah satu faktor pendorongnya adalah kehadiran penerbangan langsung Padang – Singapura, yang akan berdampak dengan banyaknya wisman yang datang langsung ke Sumbar melalui hub Singapura. Tidak lagi masuk melalui pintu bandara seperti Soekarno Hatta, Medan, Batam, ataupun Bali.

“Sumbar potensinya besar tapi performance-nya belum maksimal, “ ujarnya.

Untuk mencapai target kunjungan wisman dan wisnus ke Sumbar, Kemenpar bakal memberikan sejumlah dukungan, baik dari sisi pemasaran maupun wilayah.
Dari sisi pemasaran, Kemenpar turut mempromosikan pariwisata Sumbar ke sejumlah roadshow di Eropa, Singapura, Thailand dan Malaysia.

Selain itu, juga memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan acara berskala nasional pada tahun ini, seperti Tour de Singkarak pada 5-14 September, Sawah Lunto International Music Festival pada 19-21 Oktober, hingga Festival Budaya Minangkabau pada 29- 2 Desember mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper