Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lelang Blok Migas 2018, Pertamina Miliki Hak Kaji Paling Awal

PT Pertamina (Persero) tengah mengevaluasi 40 wilayah kerja yang akan dilelang pada pertengahan Februari 2018.
Ilustrasi: Kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah./Reuters-Darren Whiteside
Ilustrasi: Kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah./Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) memiliki hak istimewa untuk mengkaji terlebih dahulu wilayah kerja blok migas yang akn dilelang pemerintah.

Saat ini Pertaminan pun tengah mengevaluasi 40 wilayah kerja yang akan dilelang pada pertengahan Februari 2018 tersebut.

Perusahaan pelat merah itu mendapatkan hak untuk memilih wilayah kerja yang akan digarap.

Saat dihubungi Bisnis, Jumat (2/2), Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan beberapa waktu lalu perseroan telah menerima daftar wilayah kerja yang akan dilelang.

“Saat ini, kami masih dalam tahap evaluasi untuk memilih yang mana,” ujarnya.

Sebelumnya, pelaksana tugas (Plt) Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Ego Syahrial mengatakan, pihaknya pun akan menawarkan seluruh wilayah kerja yang akan dilelang pada tahun ini kepada Pertamina.

“Pertamina akan memiliki hak terlebih dulu untuk mengkaji mau masuk ke wilayah kerja yang mana,” sebutnya.

Secara rinci, 25 blok migas konvensional yang pasti dilelang itu berasal dari wilayah kerja yang tersedia pada 2018, wilayah kerja yang disiapkan untuk lelang tahap II/2017, dan wilayah kerja yang tidak laku pada 2015 dan 2016.

Secara detail, wilayah kerja itu terdiri dari Rupat Labuhan, South CPP, Nibung, Batu Gajah Dua, Bukit Barat, South Tuna, Tongkol, Banyumas, Ampuh, East Sepanjang-Kangean, Kasongan Sampit, Southwest Bengara, Suremana I, Manakarra Mamuju, Southeast Mandar, Karaeng, Ebuny, East Tanimbar, West Berau, Onin, Kasuri II, Kasuri III, West Kaimana, North Arguni, Mamberamo.

Adapun, wilayah kerja terminasi yang tersedia sebanyak 15 blok itu terdiri dari Air Komering, East Sokang, East Muriah, North Kangean, Palangkaraya, West Sangata, Belayan, Southeast Mahakam, South Sageri, Halmahera-Kofiau, Southwest Bird’s Head, Semai IV, West Papua III, Cendrawasih Bay II, Cendrawasih Bay III.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper