Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2019, Produsen Baru Bisa Datangkan Bahan Baku Surimi dari Timur

- Produsen pasta ikan alias surimi mengaku baru dapat mendatangkan bahan baku dari Indonesia timur pada 2019.
surimi/intrafish.com
surimi/intrafish.com

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen pasta ikan alias surimi mengaku baru dapat mendatangkan bahan baku dari Indonesia timur pada 2019.

Diversifikasi usaha dan relokasi sebagian fasilitas ke wilayah itu pun sedang dipertimbangkan. Namun dengan catatan, tahun ini mereka leluasa berproduksi agar bisa berkonsentrasi melakukan studi pemanfaatan bahan baku dari luar Laut Jawa.

Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I) Budhi Wibowo, pelaku usaha berharap aktivitas pabrik surimi berjalan lagi tahun ini dengan jenis bahan baku yang sama, yakni ikan berdaging putih dari Laut Jawa.

Pasalnya, pemanfaatan bahan baku dari Indonesia timur perlu perhitungan secara matang, mencakup ketersediaan bahan baku secara kontinyu, kelayakan harga bahan baku secara ekonomis, kualitas bahan baku, ketersediaan sumber daya manusia, dan ketersediaan pengangkutan berpendingin.

"Intinya pabrik surimi dalam jangka pendek agar hidup kembali dengan menggunakan bahan baku yang selama ini mereka pakai, kemudian dijajaki untuk mendatangkan bahan baku dari wilayah lain," katanya lewat pesan singkat, Selasa ( 30/1/2018) malam.

Jika pabrik beroperasi kembali, lanjut Budhi, pelaku usaha pun dapat mengkaji ide diversifikasi usaha yang disarankan pemerintah, misalnya mencoba menjalankan bisnis fresh atau frozen kakap, fillet gulamah, atau tuna loin.

Demi mendekat dengan sumber bahan baku, pengusaha surimi juga mempertimbangkan relokasi pabrik secara parsial, yakni membuat proses pembekuan di Indonesia timur, kemudian ikan bekunya dikirim ke Jawa untuk bahan baku.

Namun, lagi-lagi solusi itu tidak dapat dipraktikkan dalam waktu yang pendek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper