Tarik Wisman, Indonesia Luncurkan Bus Khusus di Chile

Indonesia meluncurkan bus khusus dengan desain Indonesia di Chile untuk mempromosikan citra positif Indonesia dan menarik wisatawan mancanegara, terutama dari kawasan Amerika Latin.
Annisa Margrit | 19 Desember 2017 17:29 WIB
Wisatawan mancanegara mengunjungi Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10). - ANTARA/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia meluncurkan bus turistik dengan desain khusus Indonesia di Chile untuk menarik minat wisatawan mancanegara.

Peluncuran bus untuk tur keliling kota Santiago, Chile dilakukan usai penandatangan Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA). Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memanfaatkan momen perjanjian kerja sama dagang tersebut untuk mempromosikan Indonesia lewat peluncuran bus khusus ini.

"Bus khusus untuk tur Santiago akan menjadi media promosi bagi wisata dalam negeri, sekaligus promosi perdagangan dan investasi Indonesia," papar dia dalam pernyataan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (19/12/2017).

Diharapkan desain bus yang unik dapat membuat masyarakat Amerika Latin tertarik untuk mengunjungi Indonesia.

Chile merupakan salah satu negara dengan perekonomian terbaik di kawasan Amerika Selatan dan memiliki lokasi yang strategis serta garis pantai terpanjang. Hal ini menjadikan negara itu sebagai hub yang tepat bagi produk-produk Indonesia yang ingin masuk ke pasar Amerika Latin, terutama melalui Pelabuhan Valparaiso.

Pelabuhan yang sedang diperbaiki dan ditingkatkan kapasitasnya itu diyakini dapat menjadi peluang baik untuk Indonesia.

Adapun peluang lainnya adalah kerja sama investasi dengan perusahaan susu terbesar di sana yaitu Cooperativa Agricola y Lechera de La Union Ltd (Colun). "Colun berminat memasarkan produknya di Indonesia. Saya tawarkan untuk investasi di Indonesia agar perdagangan Indonesia ke Chile meningkat," tambah Enggar.

Tag : pariwisata indonesia
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top