Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alibaba Ingin Majukan Usaha UKM Indonesia Melalui E-Commerce

Alibaba Group (NYSE:BABA), raksasa e-commerce dunia asal China, berkomitmen ikut memajukan bisnis Usaha Kecil Menengah di Tanah Air.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 05 Desember 2017  |  20:43 WIB
Vice President Alibaba Group Brian Wong (kanan) menyerahkan kenang-kenangan kepada Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Rudy Salahuddin - ist
Vice President Alibaba Group Brian Wong (kanan) menyerahkan kenang-kenangan kepada Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Rudy Salahuddin - ist

Bisnis.com, JAKARTA - Alibaba Group (NYSE:BABA), raksasa e-commerce dunia asal China, berkomitmen ikut memajukan bisnis Usaha Kecil Menengah di Tanah Air.

Alibaba akan mengikutsertakan para pelaku UKM memanfaatkan platform digital yang dimilikinya guna menembus pasar global.

Sebagai langkah awal dalam merealisasikan komitmen tersebut, Alibaba Group berbagi pengalaman dan kiat sukses dengan sekitar 1.000 pelaku UKM Indonesia. 

Hal itu terjadi dalam seminar terbuka dengan tajuk Alibaba Global Course di Hotel Ritz Carlton Pasific Place SCBD, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

"Kami ingin membantu pengusaha Indonesia dalam ekonomi digital. Melalui seminar atau kursus ini, kami bertekad memajukan bisnis UKM Indonesia sukses di dunia e-commerce dan menembus pasar yang lebih luas lagi. Pada akhirnya, kami berharap mereka dapat berkontribusi lebih nyata dalam memajukan ekonomi digital," kata
Vice President Alibaba Group, Brian Wong.

Brian mengemukakan, Alibaba Global Course bertujuan meningkatkan kemampuan UKM dalam memahami industri e-commerce yang disajikan oleh pembicara dari Taobao University dan beberapa pelopor ekonomi digital di Indonesia yakni Tokopedia, Lazada Indonesia, UCWeb dan Alibaba.com.

"Nantinya kursus akan diselenggarakan sebanyak 30 kali dalam sebulan dan diupayakan dapat menjangkau lebih banyak pelaku UKM di Indonesia," katanya.

Video: Bisnis/Yusran Yunus

Saat memberikan sambutan, Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Rudy Salahuddin, mengemukakan ekonomi Indonesia sedang bergerak ke tahap penggabungan antara sektor perdagangan online dan offline.

“Kita perlu lebih proaktif dan adaptif terhadap perubahan. Maka dari itu pemerintah mengambil langkah strategis untuk perkembangan ekonomi digital, termasuk menciptakan Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (e-commerce Roadmap), membangun infrastruktur, dan membina technopreneurs. Kami juga menyambut baik inisiatif dari sektor swasta, seperti Alibaba Global Course, karena sejalan dengan misi kami untuk meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi digital Indonesia," ujarnya.

Sebelum di Jakarta, kegiatan serupa telah digelar di Bangkok Thailand, Johor Bahru Malaysia, Melbourne dan Sydney (Australia) dan Munich (Jerman) serta menyusul Singapura.

Alibaba Global Course diselenggarakan oleh Alibaba Business School, sebuah lembaga yang didirikan oleh Hangzhou Normal University of China dan Alibaba Group pada Oktober 2008. Fokus utama kegiatan ini adalah memberikan sistem pelatihan e-commerce agar UKM dapat semakin berkembang.

Adapun penyelenggara kursus ini adalah Taobao University, platform pendidikan dan pelatihan Alibaba Group yang menawarkan kesempatan belajar kepada praktisi e-commerce. Taobao University juga menawarkan kursus offline dan online dari individu di luar China, instansi pemerintah, dan para pebisnis.

Selama beberapa tahun terakhir, Taobao University telah menyelenggarakan lebih dari 30 kursus pelatihan di enam negara termasuk wilayah Asia Tenggara dan sekitarnya, yang dihadiri lebih dari 2.600 peserta termasuk lebih dari 2.500 UKM dan pengusaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm alibaba group
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top