Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKSPANSI GERAI MAKANAN: Wingstop Optimistis Lanjutkan Pertumbuhan

Wingstop, anak usaha PT Mega Mahadana Hadiya, optimistis dapat terus bertumbuh di Indonesia seiring dengan positifnya tingkat penjualan di Tanah Air pada tahun ini.
Anissa Margrit
Anissa Margrit - Bisnis.com 05 Desember 2017  |  13:22 WIB
EKSPANSI GERAI MAKANAN: Wingstop Optimistis Lanjutkan Pertumbuhan
Wingstop. - .Wingstop

Bisnis.com, JAKARTA--Wingstop, anak usaha PT Mega Mahadana Hadiya, optimistis dapat terus bertumbuh di Indonesia seiring dengan positifnya tingkat penjualan di Tanah Air pada tahun ini.

Presiden Direktur Wingstop International Larry Kruguer mengatakan pertumbuhan bisnis perusahaan tersebut cukup signifikan, baik di Indonesia secara khusus maupun secara global. Wingstop Inc., pemilik merek Wingstop global, membukukan kenaikan penjualan sebesar 16,1% pada kuartal III/2017 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Di Indonesia, jaringan restoran yang fokus pada menu ayam itu juga mengungkapkan terjadi peningkatan penjualan sebesar dua digit di gerai yang sama (Same Store Sales Growth/SSSG) dibandingkan 2016. Hal ini menjadikan Wingstop di Indonesia sebagai peraih pertumbuhan SSSG tertinggi di Asia.

Besarnya populasi penduduk di Tanah Air menjadikan pasar Indonesia potensial untuk digarap.

"Kami yakin semua orang suka makan ayam. Selain itu, Wingstop adalah produk yang berbeda jika dibandingkan dengan produk sejenis. Wingstop memiliki varian rasa yang beragam dan fresh," papar dia dalam pernyataan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (5/12/2017).

Chief Operating Officer Mega Mahadana Hadiya (Mahadya) Mehdi Zaidi mengatakan Indonesia termasuk salah satu pasar yang diperhitungkan dalam bisnis Wingstop global karena jumlah penduduknya besar dan kelas menengahnya terus bertumbuh. "Kami memilih Indonesia, baru setelah itu negara lain," ujar dia.

Sejak berdiri di Indonesia pada 2014, bisnis Wingstop di Indonesia diklaim terus menunjukkan peningkatan performa. Saat ini, tercatat terdapat 19 restoran Wingstop di Indonesia, dengan rincian 16 gerai berada di Jakarta, 2 outlet di Surabaya, dan 1 cabang di Bandung. Hingga akhir tahun ini, perseroan menargetkan dapat mengoperasikan 21 gerai di Indonesia.

Selain itu, Wingstop juga berniat berekspansi ke Australia. Secara keseluruhan, sekarang perseroan mempunyai 1.088 gerai di seluruh dunia.

Wingstop berasal dari Texas, AS dan diklaim memiliki keunggulan berupa sayap ayam goreng (chicken wing) yang lebih tebal. Restoran tersebut mempunyai 10 varian rasa, antara lain garlic parmesan, lemon pepper, louisiana rub, dan hickory smoke.

Perseroan menyatakan ayam yang digunakan merupakan ayam pilihan dan telah melalui proses pengembangan yang panjang. Bahan baku utama ini ada yang didatangkan dari dalam negeri dan ada pula yang diimpor.

Adapun Mahadya merupakan unit usaha PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha) dan berdiri pada 2013. Merek lain yang juga dikelola perusahaan ini adalah Carl's Jr.

Peritel yang bergerak di bidang Food and Beverage (F&B) memang dipandang lebih mampu bertahan di tengah perlambatan pertumbuhan ritel di Indonesia, saat ini. Ketua Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah sempat menyatakan F&B menjadi satu-satunya sektor yang terus menunjukkan performa positif.

Di kala banyak peritel modern menutup gerai karena tidak mampu lagi menahan tekanan penjualan dan tantangan perubahan pola belanja konsumen, hanya peritel F&B yang bisa bertahan tidak melakukan pemangkasan outlet. Kondisi ini diyakini bakal berlanjut pada 2018.

"Peritel F&B akan tetap agresif karena mereka menjadi tujuan konsumen. Pertumbuhannya tembus dua digit, sekitar 10% per Agustus 2017," ungkap dia kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data The Nielsen Company Indonesia, kenaikan penjualan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) selama Januari-Oktober 2017 hanya menyentuh 2,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun capaian pertumbuhan penjualan pada Januari-Oktober 2016 menyentuh 9,8% secara year-on-year (yoy). (Annisa Margrit)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

restoran
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top