Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuaca Buruk, Batik Air Batal Landing di Tarakan

Hujan deras disertai petir melanda wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) sejak Minggu (3/12/2017) dini hari. Akibatnya, berdampang pada sejumlah penerbangan di Tarakan.
Pesawat Batik Air/Airline Empires
Pesawat Batik Air/Airline Empires

Bisnis.com, TARAKAN – Hujan deras disertai petir melanda wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) sejak Minggu (3/12/2017) dini hari. Akibatnya, berdampang pada sejumlah penerbangan di Tarakan.

Diketahui, sebuah penerbangan pesawat Batik Air dengan rute CGK-TRK nomor flight ID6894 batal landing di Bandara Internasional Juwata Tarakan atau divert ke Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

“Iya (pesawat) Batik Air no flight ID6894 rute CGK-TRK divert ke Balikpapan karena cuaca buruk,” kata Kepala Bandara Juwata Tarakan, Hemi Pamuraharjo melalui pesan Whatsapp, Minggu (3/12/2017).

Lebih lanjut, dia mengatakan, jumlah penumpang pada pesawat Batik Air tersebut sebanyak 129 orang. Sementara, estimasi landing di Tarakan, sekira pukul 10.30 Wita.

“Info dari lapangan semua sudah normal kembali, kecuali untuk Batik Air yang divert sempat delay selama 4 jam. 4 jam terhitung dari pukul 07.00 Wita seharusnya take off, tapi dijadwalkan take off estimasi pukul 11.00 Wita,” jelas Hemi.

Dia menyampaikan, biasanya pilot sudah dapat info dari pihak BMKG melalui ATC tentang kondisi cuaca di bandara tujuan dan itu sebelum pesawat turun dari ketinggian untuk persiapan landing.

Jadi, diperkiraan saat berapa di atas Balikpapan, ATC sudah info pilot tentang cuaca di Tarakan. Pesawat yang terdampak cuaca buruk dari Tarakan pada Minggu pagi, Lion dan Sriwijaya.

Hingga berita dimuat, Hemi mengatakan, hanya maskapai pesawat Garuda yang normal, karena pada pukul 08.00 Wita visibility di Tarakan sudah bisa untuk landing dan take off. Sebab, runway tidak lagi terendam air.

Sementara itu, informasi terbaru dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan tentang peringatan dini cuaca Kaltara per 3 Desember 2017 pukul 09.40 Wita, masih terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat pada pukul 09.30 Wita di Wilayah Kecamatan Sebuku, Sembakung, Nunukan, Mentarang Hulu, Malinau, Malinau Barat, Malinau Selatan, Sesayap Hilir, Sekatak, Tanjung Palas Utara, Tanjung Palas Tengah, Peso Hilir, Tanjung Palas, Tanjung Palas Barat Peso, Tanjung Palas Timur dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 12.00 Wita.

Masih berdasarkan Citra Satelit Inframerah dan Water Vapor Himawari-8 dan Citra Radar Cuaca pukul 12.10 Wita masih terdapat pertumbuhan sel awan konvektif di Wilayah Kalimantan Utara dan laut Sulawesi Bagian Barat yang berpotensi hujan intensitas ringan-sedang di wilayah Kalimantan Utara. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung 16.00 Wita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eldwin Sangga
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper