Garap Peluang Bisnis, Pelindo I Berkongsi dengan 15 BUMN

Pelindo I (Persero) membentuk kesepakatan utama (head of agreement) dengan 15 badan usaha milik negara dan satu perusahaan swasta, mencakup pengembangan pelabuhan, properti, jasa pemanduan, hingga layanan perbankan.
Rivki Maulana | 29 November 2017 08:54 WIB
Aktivitas kapal pengangkut peti kemas di Pelabuhan Jayapura, Papua, yang dikelola oleh Pelindo IV, Rabu (15/11). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelindo I (Persero) membentuk kesepakatan utama (head of agreement) dengan 15 badan usaha milik negara dan satu perusahaan swasta, mencakup pengembangan pelabuhan, properti, jasa pemanduan, hingga layanan perbankan.

Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengatakan sinergi dengan BUMN ditempuh untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan Pelindo I dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk membangun industri maritim Indonesia.

“Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi Pelindo I dan BUMN lainnya dalam rangka pengembangan usaha," ujar Bambang di Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Pelindo I bekerja sama dengan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) untuk mengembangkan Pelabuhan Kuala Enok, Pelabuhan Batu Ampar, Batam dan terminal petikemas Pelintung.

Sementara itu, dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), Pelindo I berencana menggarap bisnis properti. Di sektor layanan kesehatan, Pelindo I bekerjasama dengan PT Pertamina Bina Medika.

BUMN yang berbasis di Medan itu juga bekerjasama dengan PT Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam (Persero) dalam pengembangan kawasan pariwisata di Tanjung Pinggir Batam.

Di sisi lain, untuk pemasaran layanan pandu di Selat Malaka, Pelindo I menggandeng PT Pelindo II (Persero) dan PT Djakarta Lloyd (Persero).

Bambang mengatakan Pelindo I, Pelindo II, dan Djakarta Lloyd akan melayani kapal-kapal yang melintasi Selat Malaka – Selat Singapura, dan kapal-kapal yang menuju dan/atau dari pelabuhan-pelabuhan yang berada di wilayah kerja Pelindo I.

Kerja sama lainnya yang Pelindo I dengan BUMN adalah penutupan asuransi aset dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) dan PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero); kerja sama program asuransi jiwa pegawai dengan PT Taspen (Persero).

Di layanan perbankan, Pelindo I juga berkongsi dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) dalam Supply Chain Financing (SCF) ; kerjasama implementasi transaksi cashless dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), dan PT Bank Central Asia (Persero) Tbk (BBCA)

Untuk publikasi dan dokumentasi, Pelindo I menggandeng dengan PT Balai Pustaka (Persero), Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, dan Perum Produksi Film Negara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo i

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top