Gunung Agung Erupsi, Gratis Menginap untuk Turis di Bali Mulai Berlaku

Pelaku bisnis pariwisata di Bali mulai memberlakukan kebijakan gratis menginap selama satu malam kepada wisatawan yang tidak mendapatkan pelayanan serupa dari penerbangan.
Ni Putu Eka Wiratmini | 27 November 2017 16:12 WIB
Warga negara asing memadati terminal internasional Bandara Ngurah Rai, Bali, pada Senin (27/11/2017). - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR - Pelaku bisnis pariwisata di Bali mulai memberlakukan kebijakan gratis menginap selama satu malam kepada wisatawan yang tidak mendapatkan pelayanan serupa dari penerbangan.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan kebijakan ini sebenarnya baru akan diberlakukan ketika Gubernur Bali mengeluarkan keputusan force majuere.

Namun, karena banyak wisatawan yang tidak mendapatkan fasilitas pelayanan dari penerbangan lantaran ditutupnya Bandara Ngurah Rai, maka kebijakan ini akhirnya diberlakukan.

Selain gratis menginap satu malam, pihaknya juga akan mengelurkan diskon menginap sebesar 20-30% bagi wisatawan. Pemberian diskon ini tergantung dari available rate yang dimiliki hotel.

"Kita sudah email anggota PHRI untuk memberikan diskon sesuai SOP yang kita siapkan dulu, tidak mungkin sih kayaknya sampai 50%," sebutnya ketika dihubungi Bisnis pada Senin (27/11/2017).

Menurut dia, untuk pemberian diskon memang masih akan menunggu perkembangan aktivitas Gunung Agung. Hingga saat ini, pihaknya mengaku masih memfokuskan pada wisatawan yang kemungkinan tidak mendapat pelayanan.

Walaupun kebijakan ini sebenarnya berlaku bagi seluruh wisatawan yang ada di Bali. Namun, dia berharap, wisatawan yang sudah mendapatakan pelayanan dari travel agen maupun penerbangan tidak ikut menggunakan fasilitas ini.

"Pelaku pariwisata di Bali juga menyoroti turis turis low budget jangan sampai terlentar, besok kita akan lihat di lapangan, semua masih dinamis sekali kita masih evaluasi, kita hanya fokuskan pada yang tidak mendapat pelayanan," sebutnya.

Dia memprediksi kemungkinan ada 12.000 wisatawan yang terjebak di Bali lantaran Bandara Ngurah Rai ditutup. "Memang dengan diskon ini rugi setidaknya Rp1.5 juta per turis."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gunung agung

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top