Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kepercayaan Konsumen Korea Selatan Naik ke Level Tertinggi Sejak 2010

Indeks sentimen konsumen bulan November yang dirilis Bank of Korea pada Jumat (24/11/2017) meningkat menjadi 112,3 dari 109,2 pada bulan sebelumnya. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak Desember 2010.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 24 November 2017  |  07:00 WIB
Bursa Korea Selatan - Reuters
Bursa Korea Selatan - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Kepercayaan konsumen di Korea Selatan naik ke level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir menyusul perbaikan prospek ekonomi dan meredanya ketegangan geopolitik.

Indeks sentimen konsumen bulan November yang dirilis Bank of Korea pada Jumat (24/11/2017) meningkat menjadi 112,3 dari 109,2 pada bulan sebelumnya. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak Desember 2010.

Perbaikan tersebut mengikuti peningkatan perkiraan pertumbuhan ekonomi Korsel oleh Dana Moneter Internasional menjadi 3,2% dari 3% untuk tahun 2017.

Kerjasama ekonomi Korsel dengan China yang melebihi sengketa mengenai perisai rudal AS telah menumbuhkan optimisme warga asing dapat kembali ke Korea Selatan, sementara ekspor terus berjalan dengan baik menyusul peningkatan permintaan global.

"Sentimen jatuh pada bulan Agustus dan September ketika risiko terkait Korea Utara meningkat, dan peningkatan bulan ini mencerminkan menurunnya ketegangan," kata Park Sang-woo, pejabat tim survei ekonomi BOK, seperti dikutip Bloomberg.

Indeks sentimen tersebut merupakan salah satu data terakhir yang akan dirilis sebelum keputusan suku bunga bank sentral pada 30 November mendatang, yang kemungkinan akan mendukung kenaikan sku bunga.

Indeks tersebut ditentukan dengan mensurvei 2.017 rumah tangga dari 10 hingga 17 November mengenai pandangan mereka mengenai pendapatan, pengeluaran, serta prospek ekonomi. Angka di atas 100 menunjukkan bahwa warga lebih optimis terhadap ekonomi daripada rata-rata tahun 2003 sampai 2016.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ekonomi Korsel
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top