Gerakan Sekolah Menyenangkan, Seperti Apa

Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk menggelar workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) bagi 30 tenaga pengajar SMP/MTS di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.
Anitana Widya Puspa | 22 November 2017 16:05 WIB
Hari pertama sekolah - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - - Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk menggelar workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) bagi 30 tenaga pengajar SMP/MTS di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Fasilitator program GSM adalah Rumah Pintar BSD City, yang menjadi bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land bidang pendidikan. Rumah Pintar BSD City pada 13 Oktober lalu telah mensosialisasikan program GSM kepada tenaga pengajar. Presentasi tentang program GSM disampaikan langsung oleh pendiri program GSM, yang juga dosen di Universitas Gadjah Mada, Muhammad Nur Rizal.

Digagasnya program GSM bagi tenaga pengajar di Kabupaten dan Kota Tangerang Selatan, Direktur PT BSD Tbk Syukur Lawigena, menjelaskan pihaknya berkomitmen untuk selalu mewujudkan kehidupan masyarakat yang cerdas, berbudaya, dan beradab. Perusahaan menjadi sarana untuk mentransformasikan masyarakat menuju peradaban modern yang canggih, madani dan unggul.

"Rumah Pintar BSD City, yang menjadi bagian dari program CSR SML bidang pendidikan, memiliki semangat untuk mengubah lingkungan sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak, yang merupakan perpaduan dari beberapa konsep yaitu sehat, aman, dan ramah anak,” ujarnya, Rabu ( 22/11/2017).

Atas dasar kesamaan tujuan guna memajukan pendidikan nasional, Rumah Pintar BSD City meminta Gerakan Sekolah Menyenangkan untuk dapat menerapkan konsepnya di sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

“Workshop GSM bagi tenaga pengajar di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan dilaksanakan mulai 21 November 2017 di Rumah Pintar BSD City, kemudian 22 November 2017 di SMP Muhamadiyah, Setu, Tangerang Selatan, dan terakhir 23 November 2017 di MTS Raudlatul Irfan, Lengkong Kulon, Kabupaten Tangerang. Pembukaan pelatihan GSM akan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan,” terang Syukur.

Gerakan Sekolah Menyenangkan merupakan gerakan akar rumput yang terinspirasi ajaran Ki Hadjar Dewantara yang menegaskan sekolah merupakan taman yang menyenangkan. Gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran guru-guru, kepala sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai rumah kedua bagi anak, yaitu sekolah sebagai tempat yang menyenangkan dan manusiawi untuk belajar. Juga sebagai tempat mengembangkan potensi yang dimiliki anak, baik akademis maupun non akademis, agar anak memiliki bekal ketrampilan hidup di masa yang akan datang.

Gerakan ini telah berjalan dengan baik di Yogyakarta dan telah memiliki beberapa sekolah jejaring di Jawa Tengah, Bandung dan Sumatera. Sebagai pilot project, SML menetapkan sasaran tahap pertama implementasi program ini adalah Sekolah-sekolah di tingkat SMP dan/atau MTs di sekitar wilayah BSD City, yang nantinya akan menjadi sekolah model bagi gerakan ini di wilayah Tangerang.

Tag : sekolah
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top