Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah, Lippo Group Akan Mengelola 100 Rumah Sakit di Negara Ini!

Lippo Group semakin melebarkan sayapnya di bisnis rumah sakit. Setelah merambah sejumlah kota di Tanah Air, kelompok usaha tersebut memperluas ke Asia Tenggara.

Bisnis.com, JAKARTA — Lippo Group akan membangun jaringan rumah sakit dalam jumlah besar di China dengan menerapkan model rantai bangunan yang terbukti berhasil diterapkannya di sektor ritel dan perbankan di Tanah Air.

Kelompok usaha tersebut dengan bisnis utama real estat, kini berkembang menjadi salah satu operator rumah sakit terbesar di Indonesia.

Untuk memperluas kepaknya di luar negeri, Lippo Group berencana mengelola sekitar 100 fasilitas rumah sakit di kota-kota besar di China.

Lippo dan BUMN China, Merchants Group, yang memiliki rumah sakit di Negeri Panda, baru-baru ini telah menandatangani sebuah perjanjian kemitraan strategis dan akan membentuk usaha patungan di Hong Kong.

Pendiri dan Chairperson Lippo Group Mochtar Riady mengungkapkan rencana kelompok usahanya tersebut dalam sebuah wawancara ini dengan The Nikkei baru-baru.

Menurutnya seperti dikutip dari https://asia.nikkei.com, Sabtu (11/11/2017), banyak BUMN China memiliki rumah sakit, tetapi mereka tidak memiliki pengetahuan untuk mengelolanya sehingga akhirnya kehilangan uang.

Untuk itu, tuturnya, Lippo akan mengubah pola pikir mereka menjadi sebuah bisnis swasta.

Mochtar menjelaskan bahwa rumah sakit Merchants China berada di lokasi yang sangat strategis.

Dia membayangkan rumah sakit yang sudah tua dibangun kembali menjadi bangunan bertingkat tinggi dilengkapi dengan fasilitas komersial lainnya sehingga dapat meningkatkan keuntungan.

Lippo, katanya, juga berminat membangun perkotaan dengan rumah sakit menjadi pilarnya dan akan menginvestasikan sekitar U$1 miliar ke proyek semacam itu.

Siloam International Hospitals, anak perusahaan kelompok usaha PT Lippo Karawaci Tbk., mengoperasikan 25 rumah sakit di Indonesia. Perusahaan berencana meningkatkan portofolionya menjadi 50 unit pada 2019.

Lippo mulai memperluas pengoperasian rumah sakit di luar negeri pada 2015 dengan  membuka Rumah Sakit Pun Hlaing Siloam di Myanmar beritraan dengan First Myanmar Investment.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper