Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Silangit Pionir ‘Smart Airport’

Angkasa Pura II menyiapkan Bandara Internasional Silangit di Provinsi Sumatera Utara sebagai salah satu pionir dalam penerapan konsep smart airport yang mendukung pariwisata Danau Toba.
Presiden Jokowi saat mendarat di Bandara SIlangit, Tapanuli Utara, Sumatra Utara./Setkab.go.id
Presiden Jokowi saat mendarat di Bandara SIlangit, Tapanuli Utara, Sumatra Utara./Setkab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Angkasa Pura II menyiapkan Bandara Internasional Silangit di Provinsi Sumatera Utara sebagai salah satu pionir dalam penerapan konsep smart airport yang mendukung pariwisata Danau Toba.

"Bandara Internasional Silangit menjadi pionir smart airpor di kategori bandara berkapasitas 500.000 penumpang melalui berbagai fasilitas berbasis digital guna menciptakan customer experience yang baik bagi para wisatawan mancanegara," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Menurut dia, berbagai fasilitas digital tersebut sudah dapat dipergunakan sejak 28 Oktober 2017 atau bersamaan dengan penerbangan rute Singapura-Silangit, yang merupakan rute luar negeri perdana di Bandara Internasional Silangit.

Ia memaparkan, fasilitas-fasilitas tersebut adalah jadwal bus bandara di mana para pengguna jasa bandara dapat mengetahui estimasi waktu melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi ke tempat tujuan masing-masing.

Bandara Silangit Pionir ‘Smart Airport’

Selain itu, ujar dia, fasilitas lainnya berupa "e-Payment" di gerai komersial yang memudahkan para pelanggan dalam berbelanja tanpa harus menggunakan uang tunai, sudut Wifi.id dengan kecepatan tinggi dengan ketentuan yang berlaku, mesin penjual tiket bus yang memudahkan dalam proses antrean, serta sistem bagasi pintar yang menunggu bagasi datang dapat diketahui estimasi waktu serta dapat memonitor posisi bagasi penumpang.

"Penerbangan internasional saja tidak cukup untuk mendukung pertumbuhan pariwisata Danau Toba. Lebih dari itu, dibutuhkan juga bandara yang mampu menciptakan journey experience dan dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada para wisman guna melengkapi perjalanan mereka," kata Awaluddin.

Untuk itu, Dirut AP II mengemukakan meski sosialisasi kapasitas Bandara Internasional Silangit tidak terlalu besar, namun AP II tetap fokus melakukan pengembangan infrastruktur lunak melalui digitalisasi layanan.

AP II juga menyatakan rencana pengembangan Bandara Silangit, Sumatera Utara bakal sangat mendukung pengembangan Danau Toba sebagai tujuan wisata bagi turis internasional dari berbagai negara.

"Pengembangan yang dilakukan di Bandara Silangit merupakan wujud dari komitmen kami mendukung pemerintah dalam memperkenalkan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata internasional," kata Direktur Utama PT AP II (Persero) Muhammad Awaluddin, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (30/10/2017).

Menurut Muhammad Awaluddin, seiring dengan pengembangan yang dilakukan dan dibuka penerbangan langsung Jakarta-Silangit, maka jumlah penumpang pun meningkat.

Berdasarkan data AP, pada Januari-September 2017 tercatat jumlah penumpang mencapai 193.390 penumpang atau meningkat signifikan 216 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Hingga akhir 2017 diperkirakan jumlah penumpang dapat menyentuh angka sebanyak 250.000 penumpang, naik sekitar 60 persen dibandingkan dengan realisasi 2016, yakni 153.135 penumpang.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper