Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Bekasi Sambut Antusias Peresmian Tol Becakayu

Warga Kota Bekasi, Jawa Barat, menyambut antusias peresmian Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu oleh Presiden Joko Widodo, Jumat pagi, sebagai solusi kemacetan yang terjadi di ruas Jalan KH Noer Alie Kalimalang dan sekitarnya.
Presiden Jokowi resmikan tol Becakayu/Bisnis-Irene Agustine
Presiden Jokowi resmikan tol Becakayu/Bisnis-Irene Agustine

Bisnis.com, BEKASI--Warga Kota Bekasi, Jawa Barat, menyambut antusias peresmian Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu oleh Presiden Joko Widodo, Jumat pagi, sebagai solusi kemacetan yang terjadi di ruas Jalan KH Noer Alie Kalimalang dan sekitarnya.

"Selama ini warga selalu terjebak kemacetan parah di Kalimalang. Ada banyak titik kemacetan yang saya rasa bisa teratasi dengan operasional Tol Becakayu ini," kata Ketua RW09 Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Selatan, Parlin Simajuntak di Bekasi.

Menurut dia, tulis Antara, titik kemacetan tersebut di antaranya, Simpang Galaxy, Sumber Artha, Simpang Kranji, Simpang Caman dan Simpang pangkalan Jati Pondokgede.

Meski operasional Tol Becakayu belum seluruhnya dioperasionalkan, kata dia, namun infrastruktur itu diyakininya mampu mengentaskan macet di sejumlah titik rawan pada jam sibuk.

"Walau belum dioperasionalkan secara keseluruhan, tapi alhamdulillah sebagiannya sudah bisa kita gunakan hari ini dan akses baru ini sudah sangat membantu kami dalam bertransportasi yang nyaman," katanya.

Dikatakan Parlin, Simpang Galaxy yang kini ada di lingkungannya saat ini menjadi titik kemacetan terparah sebelum adanya Tol Becakayu.

Sebab, pascaoperasional jalan Boulevard Galaxy sebagai jalur alternatif menuju Kalimalang dari arah Jatiasih dan sekitarnya, kendaraan menumpuk di sekitar jembatan Galaxy dan simpang Galaxy Jalan KH Noer Alie.

"Memang persoalannya adalah penyempitan badan jalan di sekitar jembatan tol, tapi sekarang sedang dilebarkan oleh Pemkot Bekasi. Yang terpenting sekarang, pada bagian hulunya di Jalan KH Noer Alie sudah ada Tol Becakayu, sehingga beban kendaraan bisa terbagi ke Jalan Sisi Selatan Kalimalang," katanya.

Sementara itu, ribuan warga Bekasi nampak berkumpul di sekitar panggung Syukuran Pengoperasian Jalan Tol Becakayu Seksi 1B dan 1C Cipinang-Jakasampurna untuk menyaksikan langsung kehadiran Presiden Joko Widodo meresmikan infrastruktur tol tersebut.

Presiden datang bersama rombongan sekitar pukul 07.55 WIB di sekitar panggung utama, namun tidak sempat turun dari kendaraannya dan melanjutkan perjalanan menuju Tol Becakayu untuk pengguntingan pita.

Joko Widodo hanya nampak membuka kaca kendaraan sambil melambaikan tangan kepada ribuan warga yang berkerumun menantinya sejak pagi hari.

Sementara itu, koridor Tol Becakayu yang diresmikan terdiri atas dua ruas yakni 1B yang menghubungkan Cipinang Melayu-Pangkalan Jati dan 1C Pangkalan Jati-Jaka Sampurna dengan total panjang 8,4 kilometer.

Proyek Becakayu dengan panjang total 23,8 kilometer dari Jakarta Timur sampai Kota Bekasi masih menyisakan pengerjaan seksi 1A Casablanca-Cipinang Melayu dan seksi 2 dari Jatisampurna sampai Bekasi Timur sepanjang 9,2 kilometer.

Sisa proyek tersebut ditargetkan rampung pada Maret 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper