Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berapa Tarif Tol Becakayu?

Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu seksi IB Cipinang-Jakasampurna sepanjang 8,26 kilometer dibuka secara gratis untuk umum mulai Sabtu (04/11) dan diperkirakan berlangsung hingga dua pekan ke depan.
Peresmian tol Becakayu/Bisnis-Irene Agustine
Peresmian tol Becakayu/Bisnis-Irene Agustine

Bisnis.com, BEKASI--Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu seksi IB Cipinang-Jakasampurna sepanjang 8,26  kilometer dibuka secara gratis untuk umum mulai Sabtu (04/11) dan diperkirakan berlangsung hingga dua pekan ke depan.

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk M.Choliq mengatakan, berdasarkan rencana bisnis yang disusun perseroan beberapa tahun lalu, tarif tol Becakayu diestimasikan sebesar Rp1.100 per km.

Namun, pihaknya masih menunggu tarif resmi yang ditetapkan oleh Kementerian PUPR, yang disesuaikan dengan investasi dan inflasi.

"Jadi nanti tarif barunya dalam amandemen sebelum ditetapkan. Kira-kira dua minggu lagi sudah final [SK Penetapan Tarif]," ujarnya di sela-sela peresmian tol Becakayu, Jumat (03/11).

Dia menjelaskan, masyarakat mulai dapat menikmati tol yang sempat mangkrak 20 tahun itu mulai besok. Pasalnya, pada hari ini area jalan tol masih digunakan untuk pesta rakyat yang berlangsung pada sore hingga malam hari.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk merupakan induk usaha PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, badan usaha jalan tol Becakayu. Sementara KKDM merupakan badan usaha jalan tol yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road sebesa 98,97% dan PT Jasa Marga Tbk sebesar 1,03%.

Menurutnya,  keberadaan jalan tol ini akan memperkuat struktur wilayah dan melengkapi sistem jaringan jalan tol pada kawasan metropolitan Jabodetabek, dan mengurangi kepadatan yang ada di jalan tol Jakarta--Cikampek.

 Kehadiran tol Becakayu akan menambah kapasitas dan pilihan para pengguna jalan, serta membuat jarak tempuh perjalanan menjadi jauh lebih cepat. Apabila selama ini waktu tempuh dari Kota Bekasi yang menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, dengan dioperasikannya Tol Becakayu diperkirakan akan mempersingkat waktu tempuh sekitar satu setengah jam perjalanan.

Dari Bekasi ke Kampung Melayu diperkirakan bisa ditempuh dalam waktru 30 menit. Tol Becakayu juga akan meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik melalui jalan Tol Cikampek menuju Cikarang, Karawang, Purwakarta, dan' Bandung.

Ruas tol Becakayu menelan investasi Rp9,5 triliun tersebut, membentang sepanjang total 21,04 kilometer, yang terdiri dari seksi I Kasablanka-Jaka Sampurna sepanjang 11 kilometer dan seksi II yang menghubungkan wilayah Jaka Sampurna-Duren Jaya didesain sepanjang 10,04 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper