Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MAPI Tutup Gerai Lotus dan Debenhams

Emiten penjualan ritel PT Mitra Adiperkasa Tbk., (MAPI) menyampaikan rencana penutupan gerai department store Lotus pada akhir Oktober 2017 dan Debenhams pada akhir Desember 2017
Stan pakaian tampak kosong di Lotus Departmen Store, Jakarta, Senin (23/10)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Stan pakaian tampak kosong di Lotus Departmen Store, Jakarta, Senin (23/10)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA—Emiten penjualan ritel PT Mitra Adiperkasa Tbk., (MAPI) menyampaikan rencana penutupan gerai department store Lotus pada akhir Oktober 2017 dan Debenhams pada akhir Desember 2017.

Dalam siaran pers, Head of Corporate Communication MAPI Fetty Kwartati menyampaikan, keputusan penutupan dua gerai tersebut diambil setelah perusahaan mempertimbangkan perubahan tren ritel secara global. Saat ini, Mitra Adiperkasa tengah melakukan konsolidasi bisnis department store milik perusahaan dan berfokus pada gerai SOGO, SEIBU, dan Galeries Lafayette.

“Restrukturasi strategis ini bertujuan membangun MAP yang lebih kuat,” ujarnya.

 Menurut Fetty, tren berbelanja generasi millennial telah beralih dari department store menuju ke gerai specialty store. Tren global ini juga terjadi di Indonesia.

Sejalan dengan tren pasar, MAPI akan terus berinvestasi di dalam bisnis Active, Fashion, serta Food & Beverage. Menanggapi pesatnya pertumbuhan industri e-commerce, perusahaan juga meluncurkan gerai online MAPEMALL.

Dia menambahkan, inisiatif strategi bisnis perusahaan membuat kinerja keuangan positif sampai semester I/2017, bahkan hingga kuartal III/2017. Pertumbuhan pemasukkan berasal dari kenaikan penjualan.

Pada semester I/2017 pendapatan MAPI mencapai Rp7,71 triliun naik 15,79% year on year (yoy) dari sebelumnya Rp6,66 triliun. Laba bersih meroket 278,01% yoy menjadi Rp175,02 miliar dari sebelumnya Rp46,30 miliar.

Per September 2017, MAPI mengoperasikan 1.916 gerai ritel di 69 kota di Indonesia. Konsep utama yang dikelola oleh perusahaan, diantaranya: Department Stores: Sogo, Debenhams, Seibu dan Galleries Lafayette.

Kemudian, Fashion & Lifestyle: Zara, Marks & Spencer, Topman, Topshop, Next, Kipling, Lacoste, Nautica, Massimo Dutti, Staccato, Swarovski , Zara Home dan Sephora,

Segemn Sports yaitu merek Converse, Golf House, Payless ShoeSource, Oakley, Planet Sports, Reebok, Rockport, Skechers, Sports Station, The Athlete's Foot dan The Sports Warehouse.

Food & Beverage: Starbucks, Burger King, Domino’s Pizza, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream, Godiva dan Paul Bakery; Kids: Kidz Station, Oshkosh B’Gosh, dan Carter’s. Terakhir, Others: Kinokuniya dan Alun Alun Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper