Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Canggih! Posindo Sortir Paket Kiriman Pakai Robot

PT Pos Indonesia menggunakan robot sortir canggih untuk memilah paket yang akan dikirim. Robot tersebut dibuat oleh GreyOrange, perusahaan robotik asal Singapura.
Perangkat robotik GreyOrange Linear Sorter/Grey Orange
Perangkat robotik GreyOrange Linear Sorter/Grey Orange

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pos Indonesia (Posindo) menggunakan robot sortir canggih untuk memilah paket yang akan dikirim. Robot tersebut dibuat oleh GreyOrange, perusahaan robotik asal Singapura.

CEO Posindo Gilarsi W. Setijono mengatakan perusahaan logistik perlu mengadopsi teknologi terbaru untuk menghadapi era e-commerce yang berkembang sangat pesat.

Pasalnya, permintaan akan pemenuhan dan pengiriman surat dan paket menuntut efisiensi, akurasi dan ketelusuran yang lebih tinggi.

Oleh karena itu diperlukan sistem sortasi yang memungkinkan penanganan volume yang lebih besar sehingga kebutuhan akan pengiriman di hari yang sama atau hari berikutnya secara akurat dan efisien terpenuhi.

"Sistem sortasi GreyOrange memungkinkan kami melakukan hal tersebut," ujarnya melalui siaran pers pada Senin (25/9/2017).

Nalin Advani, CEO GreyOrange Asia-Pacific, mengatakan pihaknya senang bekerja sama dengan Posindo. Sistem sortasi ini adalah instalasi ke-50 secara global dalam waktu kurang dari 4 tahun.

"Kami bangga dapat bekerja sama dengan tim di Posindo dalam merancang dan menerapkan sistem sortasi yang unik untuk kebutuhan Indonesia, guna memberikan ketepatan waktu dan efisiensi tertinggi," ujarnya.

GreyOrange Linear Sorter adalah robot yang terdiri dari software canggih dan sistem sortir berkecepatan tinggi. Robot ini telah diuji coba pada berbagai macam aplikasi untuk menangani sortasi yang memiliki volume besar.

Dalam waktu 3 tahun setelah diperkenalkan, pelanggan di industri e-commerce, consumer goods, pakaian jadi, dan ritel telah mengaplikasikan sistem sortasi ini di Asia dan Amerika Latin.

Posindo saat ini menangani paket dan surat dengan volume lebih dari 500.000 item per hari dan menyediakan layanan terpadu untuk pemerintah, BUMN, pengusaha online, dan platform e-commerce seperti Lazada dan BukaLapak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Rahman

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper