Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Silangit Butuh Investasi Rp200 Miliar

Pengembangan Bandara Silangit di Sumatra Utara menjadi airport skala internasional dan pintu masuk destinasi pariwisata kelas dunia Danau Toba masih membutuhkan investasi lebih dari Rp200 miliar.
Bandara Silangit di Siborong-borong Tapanuli Utara/Youtube
Bandara Silangit di Siborong-borong Tapanuli Utara/Youtube

Bisnis.com, SI BORONG-BORONG - Pengembangan Bandara Silangit di Sumatra Utara menjadi airport skala internasional dan pintu masuk destinasi pariwisata kelas dunia Danau Toba masih membutuhkan investasi lebih dari Rp200 miliar.

Peresmian Bandara Silangit sebagai bandar udara skala internasional rencananya dilakukan Presiden Joko Widodo pada Oktober mendatang.

Pengembangan bandara ini diharapkan mendukung langkah pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan kelas dunia di Tanah Air.

Kepala Bandara Silangit Hotasi Manalu mengatakan Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara memiliki komitmen kuat untuk menjadikan Silangit sebagai bandara yang mendukung pariwisata.

Sejak 2016 hingga sepanjang tahun ini, kata Hotasi, investasi yang telah dikeluarkan untuk pembangunan fisik dalam upaya pengembangan bandara ini mencapai hampir Rp300 miliar.

“Tahun depan masih ada beberapa pembenahan fasilitas, untuk proyek fisik dibutuhkan investasi lebih dari Rp200 miliar. Perubahan menjadi bandara internasional pada April lalu, saat ini kami akan segera tender pembangunan gedung kedatangan internasional, sehingga menjadi bangunan permanen,” ujar Hotasi kepada Bisnis, usai kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan di Bandara Silangit, Jumat (8/9/2017).

Dalam peninjauan di Bandara Silangit, Menkomaritim Luhut Panjaitan menekankan pentingnya pengembangan bandara ini tidak dilakukan secara asal-asalan, tetapi memenuhi standar, misalnya aspek fasilitas untuk kedatangan internasional, kebersihan dan keselamatan dan keamanan.

“Kita sudah banyak melakukan perubahan yang dramatis di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, izin untuk internasional sudah selesai, birokrasi kita sudah cepat, keamanan harus hati-hati, kebersihan harus diperhatikan di bandara ini. Tidak ada bangunan yang tidak sesuai standar. Terminal ini harus dirapikan. Supaya kita belajar lebih tertib tidak maling-maling,” tegas Menko Maritim Luhut.

Dia mengungkapkan Bandara Silangit akan menjadi entry point destinasi pariwisata Danau Toba, sehingga diharapkan fasilitas ini tampil lebih baik.

Pemerintah, lanjut Luhut, akan mengembangkan kawasan pariwisata di sekitar Danau Toba. Lahan seluas 1.000 hektar yang berjarak 20 kilometer dari Silangit nantinya akan dikembangkan menjadi kawasan pariwisata di sekitar Danau Toba.

“Memang tadi Menko memberikan catatan kecil untuk pembenahan dan kerapian, mempercantik Bandara Silangit. Area parkir segera diaspal dalam pekan-pekan mendatang. Kalau sudah siap semua, beliau [Menkomaritim] akan datang lagi dan memastikan rencana peresmian oleh Presiden,” papar Hotasi.

Dia mengungkapkan perpanjangan run way bandara saat ini dalam proses pengerjaan. Ke depan run way bandara diharapkan menjadi 2.650 meter dari saat ini 2.250 meter. Dengan demikian pesawat internasional dapat mendarat.

“Rencana 15 September ini perpanjangan run way sudah jadi dan kami akan meminta Kemenhub untuk verifikasi. Saat ini pesawat Boeing 737 500 sudah bisa mendarat di Silangit. Sudah ada beberapa maskapai yang menjajaki untuk membuka rute internasional, pertama Garuda, lainnya Jet Star dan Malindo. Kami senang kalau mereka datang dan serius,” tukas Hotasi.

Saat ini empat maskapai melayani penerbangan di Silangit, yakni Garuda, Sriwijaya, Wings Air dan Susi Air, dengan total penerbangan 10 penerbangan.

Jumlah penumpang total yang terbang melalui Silangit rata-rata per bulan 22.000 orang dengan load factor 80%. Ke depan dengan pengembangan status menjadi bandara internasional, yakni dibukanya rute Singapura-Silangit maka jumlah penumpang diperkirakan naik menjadi 40.000 penumpang per bulan.

“Kami berharap pemda mendukung dengan menyiapkan destinasi wisata, akomodasi dan fasilitas lain yang lebih baik. Sektor swasta juga mendukung misalnya membuka layanan transportasi,” jelas Hotasi.

Uji Coba Penerbangan Internasional

Menko Maritim Luhut B. Panjaitan juga melakukan uji coba penerbangan perdana internasional Bandara Silangit menggunakan pesawat Private Jet Citation Sovereign N3009 dari Bandara Seletar, Singapura.

Turut dalam rombongan Menko Maritim yakni Direktur Badan Otorita Danau Toba Arie Prasetyo, dengan total penumpang 5 orang.

Jarak Singapura ke Bandara Silangit DTB ditempuh hanya dalam waktu 55 menit.

“Status Bandara Silangit saat ini sudah menjadi bandara internasional. Dengan status ini diharapkan wisatawan mancanegara yang datang ke Danau Toba melalui Silangit akan meningkat. Sebagai bandara internasional ini titik awal kebangkitan pariwisata Danau Toba. Yang saya tekankan juga adalah wisata apa yang akan ditawarkan kepada wisman yang datang, kebersihan destinasi dan kesiapan lainnya,” ujar Menkomaritim Luhut Panjaitan.

Menurut Luhut, tugas bersama ke depan adalah melakukan manajemen tata kelola pada seluruh lintas sektor. Mulai dari penataan bidang amenitas (hotel, restaurant, rumah makan, pusat oleh-oleh, kerajinan tangan, desa wisata, dan lainnya), aksesibilitas/konektivitas (pelabuhan, kapal, transportasi, jalan di jalur wisata), dan atraksi.

BODT menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang akan datang ke Danau Toba melalui Silangit sekitar 300 orang per minggu.

Pesawat carter yang akan melayani rute dari dan ke Singapura - Silangit (DTB) yakni Garuda Bombardier CRZ 1000 , selama tiga bulan sampai Desember 2017.

Ada 17 atraksi wisata yang ditetapkan dalam Kalender Event Pariwisata di Danau Toba seperti Karnaval Pesona Danau Toba, Samosir Ultra Marathon 22-23 September, Toba Cross Run 28 Oktober, Festival Danau Toba 6- 9 Desember, Festival Coffee dan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Siti Munawaroh
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper