Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong UKM Supaya Naik kelas, Astra Ventura Lakukan Ini

Presiden Direktur PT Astra Mitra Ventura Jefri R. Sirait mengatakan naik kelas ke level yang lebih tinggi adalah tujuan dari setiap usaha kecil dan menengah (UKM).
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA- Presiden Direktur PT Astra Mitra Ventura Jefri R. Sirait mengatakan naik kelas ke level yang lebih tinggi adalah tujuan dari setiap usaha kecil dan menengah (UKM).

"Inovasi penting untuk meningkatkan competitiveness UKM. Kami bertujuan agar UKM bisa memiliki pertumbuhan yang sustainable, sehingga mereka bisa naik kelas dari kecil ke menengah, ataupun dari menengah ke besar," papar dia pada kunjungan lapangan ke UKM manufaktur komponen otomotif mitra usaha Astra Ventura seperti dikutip Bisnis dalam pernyataan resmi yang diterima, Selasa (5/8/2017).

Untuk itu, lanjut Jefri, pihaknya terus memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para pelaku UKM sesuai dengan kebutuhan mereka. Langkah lain yang dilakukan adalah bekerja sama dengan para mitra usaha untuk memperluas pangsa pasar UKM serta mempertemukan UKM dengan para agen pemegang merek otomotif dan lini bisnis Grup Astra lainnya.

Pendampingan serta pelatihan yang diberikan diakui tidak akan cukup jika tidak dibarengi terjalinnya sinergi dengan pemangku kepentingan yang lain, seperti pemerintah dan instansi terkait.

Menurut data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), jumlah Industri Kecil Menengah (IKM) di bidang manufaktur mencapai 3,85 juta unit pada 2017. Kontribusinya terhadap kinerja total manufaktur nasional tidak main-main, mencapai 60%.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) juga menunjukkan industri pengolahan mengalami pertumbuhan 4,21% pada kuartal I/2017 dibandingkan periode yang sama yang tahun sebelumnya. Hal itu disebut sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,01% pada tiga bulan pertama tahun ini.

Kunjungan lapangan diklaim sebagai langkah lain perusahaan dalam mendukung UKM naik kelas. Kunjungan lapangan diharapkan mampu memberi kesempatan bagi para UKM mitra usaha untuk menunjukkan kualitas produksi dan kreativitas pengembangan produk serta memunculkan peluang pasar lewat value chain Grup Astra.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper