Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Propan Jadi Pabrik Cat Pertama yang Gunakan Teknologi RPS Jerman

Pabrik cat Propan Raya akan menjadi pabrik pertama di luar Jerman yang menggunakan teknologi raid production system (RPS) yang berasal dari Jerman.
Ruang pamer Propan./JIBI
Ruang pamer Propan./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—Pabrik cat Propan Raya akan menjadi pabrik pertama di luar Jerman yang menggunakan teknologi raid production system (RPS) yang berasal dari Jerman.

Dua pabrik lain yang juga menggunakan teknologi ini berlokasi di Jerman. Keunggulan teknologi RPS ini di antaranya adalah produksi yang sangat cepat, yaitu 25 ton per batch dalam waktu 4 jam, produk yang dihasilkan konsisten dan stabil, penggunaan sumber daya manusia yang sedikit, fleksibel, dan hemat ruang.

Pabrik baru ini berlokasi di Tangerang dan difokuskan untuk produksi cat sintetis berbahan air atau water based. Perusahaan sebelumnya telah memiliki dua pabrik yang memproduksi cat water based dan cat solvent based.

Geti Witayani, Marketing Communication & Color Management Manager Propan Raya, menuturkan pihaknya menanamkan modal senilai Rp250 miliar dalam pembangunan pabrik yang dimulai sejak tahun lalu ini. “Sejak awal tahun, pabrik baru sudah mulai beroperasi,” katanya.

Propan memiliki 13 jenis produk, yaitu wood finishing interior, wood finishing exterior, interior wall paint & primer, exterior wall paint & primer, water proofing, natural stone paint, floor coatings, metal coatings, spray paint, car refinish, adhesive & sealants, paint remover, dan speciality.

Produk yang dihasilkan dijual untuk pasar domestik dan luar negeri, dengan komposisi 90% pasar dalam negeri dan 10% untuk pasar Asia Tenggara. Cat berjenis wood finishing menjadi produk andalan perseroan dengan porsi produksi sebesar 50% dibandingkan dengan total produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper