Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Perlu Tiru Islandia Kembangkan Panas Bumi

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Satya Widya Yudha meminta Indonesia menggarap potensi panas bumi atau geothermal dengan baik seperti yang dilakukan Islandia.
Ilustrasi-Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Ulubelu/esdm.go.id
Ilustrasi-Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Ulubelu/esdm.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Satya Widya Yudha meminta Indonesia menggarap potensi panas bumi atau geothermal dengan baik seperti yang dilakukan Islandia.

“Indonesia bisa memetik pengalaman yang dilakukan Islandia baik dari sisi teknologi dan juga lingkungan. Panas bumi adalah energi masa depan, selain dari sisi pemanfaatan teknologi, energi panas bumi juga merupakan energi bersih yang menjanjikan. Indonesia harus lebih fokus mengembangkannya,” demikian paparan Satya,Minggu (13/8/2017).

Menurutnya, Indonesia sudah saatnya lebih serius mengembangkan energi panas bumi. Selain potensi yang dimiliki cukup besar, energi panas bumi menjanjikan sebagai energi masa depan yang ramah lingkungan sesuai dengan komitmen Indonesia terhadap Perjanjian Paris 2015.

Potensi sumber daya energi dari geothermal yang sangat besar dimiliki Indonesia harus dikembangkan secara optimal. Namun, potensi tersebut sampai saat ini belum juga terkelola secara matang. Salah satu negara yang bisa dijadikan rujukan adalah Islandia.

Satya yang juga politisi Partai Golkar tersebut menambahkan, poin positif dari kunjungan ke Islandia adalah melihat secara langsung bagaimana pengembangan energi baru dan terbarukan di sana yang dikelola secara profesional dengan pemanfaatan teknologi dan didukung regulasi yang sangat mendukung.

Pemanfaatan panas bumi di Islandia bisa menciptakan multiplayer efek yang potensial dari sisi bisnis dan wisata, seperti maraknya pusat-pusat spa dan klinik kesehatan sebagai unit usaha yang menarik. Selain itu, sektor perikanan juga bisa dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan bersih dari energi geothermal, sehingga ikan akan tumbuh sehat dan tidak memakan kotoran-kotoran buangan yang susah di daur ulang.

“Pemanfaatan energi panas bumi di Islandia bisa menjadi contoh bagus bagi Indonesia. Potensi yang kita miliki harus dioptimalkan. Ke depan, Indonesia tidak bisa lagi mengandalkan dari energi fosil, tapi harus jauh melompat ke depan dengan pemanfaatan energi baru seperti geothermal ini. Apalagi Indonesia punya andil ikut menandatangi Paris Agreement,” beber Satya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI bidang Korinbang Agus Hermanto menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Islandia yang terlihat cukup total mendukung pengembangan energi panas bumi.

"Dukungan pemerintah Islandia terhadap pengembangan energi panas bumi cukup maksimal. Penelitian panas bumi telah dimulai sejak tahun 1945 di bawah instansi pemerintah. Kini, Islandia Geo Survey melanjutkan penelitiannya sebagai lembaga negara independen," papar Agus Hermanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper