Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS Catat Bulan Juni 2017 Penumpang Bandara Lombok Turun

Jumlah penumpang yang melalui Lombok International Airport pada Juni 2017 mengalami penurunan baik dari sisi domestik maupun internasional dibanding bulan sebelumnya.
Bandara Internasional Lombok/Antara
Bandara Internasional Lombok/Antara

Bisnis.com, MATARAM -- Jumlah penumpang yang melalui Lombok International Airport pada Juni 2017 mengalami penurunan baik dari sisi domestik maupun internasional dibanding bulan sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik NTB Endang Tri Wahyuningsih mengatakan dari penumpang domestik yang datang mengalami penurunan hingga 9,43%, sementara yang berangkat dari LIA juga mengalami penurunan sebanyak 26,92%.

Untuk penumpang internasional yang datang pada bulan Juni juga mengalami penurunan sekitar 15,09%, sementara yang berangkat juga turun sebesar 24,22%.

"Ada penurunan, tetapi secara nasional LIA berada di peringkat 3 untuk pertumbuhan jumlah penumpang sekitar 64% year on year setelah Manado dan Riau," ujar Endang di Mataram, Selasa (1/8/2017).

Angka ini sejalan dengan turunnya angka wisatawan pada periode Mei 2017 ke Juni 2017 sebesar 26,1%. Meskipun jika dibandingkan dengan Juni tahun sebelumnya mengalami peningkatan sebesar 63,9%.

Tercatat saat ini wisatawan asal negeri Jiran masih mendominasi porsi wisatawan asing sebesar 44% yang diikuti dengan Singapura sebesar 10%.

Endang menyebut, tingginya wisatawan asal Malaysia ini salah satu faktor yang mendukung adalah adanya konsep wisata halal yang tengah gencar dipromosikan NTB.

Selain dua negara ASEAN tersebut, wisatawan China dan Inggris juga masuk dalam lima besar negara asal wisatawan asing terbesar dengan porsi sekitar 6%.

Sementara itu, Korea Selatan yang baru saja meresmikan penerbangan langsung chartered-nya ke Lombok menyumbang 5% wisatawan asing ke NTB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper