Aktivitas RPH Lebaran Tahun Ini Lebih Sepi

Aktivitas Rumah Pemotongan Hewan menurun drastis selama musim Lebaran tahun ini, jika dibanding tahun sebelumnya.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 02 Juli 2017  |  16:05 WIB
Aktivitas RPH Lebaran Tahun Ini Lebih Sepi
Rumah pemotongan hewan, di Karawaci, Minggu (19/6). - JIBI/Deliana Pradhita Sari

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas Rumah Pemotongan Hewan menurun drastis selama musim Lebaran tahun ini, jika dibanding tahun sebelumnya.

Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) menyebutkan, RPH Cirangrang dan Ciroyom, Bandung, Jawa Barat, turun drastis selama musim lebaran tahun ini jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pemotongan di RPH terbesar di Bandung, Jawa Barat itu, mencapai 500 - 600 kali pemotongan dalam semalam pada malam Maremaan (H-2 dan H-3 lebaran). Sapi yang dipotong merupakan sapi ex impor Brahman Cross (BX) yang dipasok dari feedloter di Jawa Barat, Banten, dan Lampung.

Aktivitas pemotongan di RPH itu naik 5-7 kali lipat daripada hari biasa yang rata-rata 80-100 ekor per hari. Peningkatan serupa berlangsung hingga lebaran ketupat pada H+4-H+8 lebaran.

Meski terjadi peningkatan, tetapi aktivitas pemotongan menurun drastis sekitar 30% jika dibanding tahun sebelumnya, yang ketika itu pemerintah belum membuka lebar pasar daging Bollywood yang kini sudah ke luar Jabodetabek.

Sekjen Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia Rochadi Tawaf menyampaikan selisih penurunan jumlah yang dipotong pada tahun ini dibanding tahun lalu, diisi oleh daging kerbau beku asal India. "Tahun lalu tidak seramai tahun ini [daging beku]," tuturnya, Sabtu (1/7).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rph

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top