ARUS BALIK: Pemudik Dianjurkan Lewat Jalur Pantura

Menteri Perhubungan menganjurkan para pemudik untuk melalui jalur Pantura ketimbang melalui jalur tol guna mengurai kepadatan lalu lintas pada saat arus balik Lebaran 2017.
Ringkang Gumiwang | 30 Juni 2017 09:52 WIB
Petugas mengatur arus lalu lintas saat memberlakukan sistem 'contra flow' (melawan arus) di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (22/6). - Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Perhubungan menganjurkan para pemudik untuk melalui jalur Pantura ketimbang melalui jalur tol guna mengurai kepadatan lalu lintas pada saat arus balik Lebaran 2017.

“Masih banyak pemudik akan lewat jalan tol, jalur pantura memang saya anjurkan. Untuk jalur Pantura sendiri, saya mengapresiasi kesiapan luar biasa dari pihak Kepolisian,” kata Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, Jumat (30/06).

Saat ini, lanjut Menhub, jalur Pantura dipersiapkan untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran. Hal-hal yang dilakukan antara lain seperti meniadakan pasar tumpah, tersedianya paket BBM dalam kemasan dan lain sebagainya.

Dia juga mengingatkan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk tidak berhenti terlalu lama di tempat peristirahatan (rest area) karena juga dapat memicu kemacetan pada ruas jalan.

Seperti diketahui, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada pekan ini, mulai dari 29 Juni hingga 2 Juli 2017. Pada saat bersamaan, Kemenhub juga mengimbau truk-truk barang untuk menunda operasinya.

Tag : Arus Balik
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top