Jalur KA Krakatau Dipangkas dan Berganti Jadi KA Singosari, Kenapa?

Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI Persero) berencana mengurangi rute perjalanan KA Krakatau arah Blitar (Jawa Timur) -- Merak (Banten) pulang pergi (pp) menjadi Blitar--Stasiun Pasar Senen Jakarta (pp), dan berubah nama menjadi KA Singosari pada 17 Juli 2017.
Newswire | 28 Juni 2017 17:32 WIB
Pramugari menanti kedatangan penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (9/6). - Antara/Aprillio Akbar

Bisnis.com, KEDIRI - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI Persero) berencana mengurangi rute perjalanan KA Krakatau arah Blitar (Jawa Timur) -- Merak (Banten) pulang pergi (pp) menjadi Blitar--Stasiun Pasar Senen Jakarta (pp), dan berubah nama menjadi KA Singosari pada 17 Juli 2017.

"Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan PT KAI mengubah rute KA Krakatau, yaitu guna keselamatan perjalanan kereta api," kata Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daerah Operasi (DAOPS) VII Madiun, Jawa Timur, Supriyanto saat dikonfirmasi pada Rabu.

Selain itu, ia mengatakan kebijakan untuk mengubah rute tersebut juga untuk perawatan rangkaian KA Krakatau yang lebih efektif dan efisien.

Supriyanto menambahkan, jalur Pasar Senen-Merak saat ini juga sudah banyak dilayani kereta api yang telah dioperasionalkan, sehingga dari manajemen tetap melayani jalur perjalanan penumpang dari Blitar--Merak (pp) dengan pindah kereta di Stasiun Pasar Senen.

"Faktor tersebut di atas menjadi pertimbangan dan tetap disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pengguna jasa kereta api, serta tetap memperhatikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang," katanya.

Supriyanto juga mengatakan, manajemen juga berencana mengubah nama dari kereta api tersebut, yang awalnya KA Krakatau diubah menjadi KA Singosari, dan kebijakan tersebut berlaku mulai 17 Juli 2017.

Dengan kebijakan tersebut, ia mengemukakan, semula KA Krakatau memiliki rute Blitar-Merak (pp) menjadi Blitar-Pasar Senen (pp).

Jam keberangakatan dari Stasiun Blitar pukul 06.40 WIB dan sampai Jakarta Pasar Senen Jakarta pukul 22.33 WIB. Sebaliknya, jadwal dari Pasar Senen pukul 12.25 WIB dan tiba di Stasiun Blitar pukul 03.20 WIB.

Ia menambahkan bahwa selama ini jarak tempuh KA Krakatau hingga 1.030 kilometer dengan rentang waktu tempuh hingga 20 jam, sehingga pengubahan rute tersebut dapat mengurangi waktu tempuh sekira empat jam.

Sumber : Antara

Tag : kereta api
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top