MUDIK LEBARAN 2018: Kemenhub Intensifkan Transportasi Laut

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan perlu peningkatan sarana dan prasarana di terminal-terminal serta menambah kapasitas mudik angkutan laut untuk Lebaran tahun depan
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 26 Juni 2017 16:19 WIB
Penumpang berada di dalam kapal KM Nggapulu tujuan Surabaya, Makassar dan wilayah timur Indonesia di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (14/6). - .Antara/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan perlu peningkatan sarana dan prasarana di terminal moda transportasi serta menambah kapasitas mudik angkutan laut untuk Lebaran tahun depan.

"Kita ingin membuat suatu kondisi dimana bus itu memang laik. Kita buat yang laik, itu yang bagus. Setelah itu kita buat tiket online," jelas Menhub Budi di Terminal Kampung Rambutan, Minggu (25/6/2017).

Dia mengatakan jika kepercayaan masyarakat semakin meningkat, maka pasar angkutan publik juga akan meningkat.

Hal ini akan mendorong perbaikan infrastruktur, sarana, dan prasarana angkutan umum.

Dia mengatakan angkutan mudik gratis dari sejumlah instansi swasta memang membantu namun belum signifikan.

Pasalnya, angkutan gratis ini hanya bisa mengurus 300.000 penumpang. Angka ini masih jauh dibandingkan jutaan total pemudik.

"Maka ke depannya kita akan intensifkan di kapal, karena kalau di darat, daya dukung prasarana tidak memungkinkan. Kalau di laut mau 10 kapal, 20 kapal, satu juta pun bisa," tuturnya.

Menhub Budi berhadap, kebijakan mudik laut akan bertambah. Hal ini bisa terwujud jika ada sosialisasi yang intensif.

"Kita masih takut juga kalau banyak. Kemarin ini kan baru 20.000 , kira-kira operasi 75% moda angkutan lain 100%. Kalau kita perbesar sosialisasinya juga harus lebih banyak," paparnya.

Tag : mudik lebaran, kapal penumpang
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top