MUDIK LEBARAN 2017: H-1, di Tol Cipali Arus Mudik Naik 0,7%

Volume arus mudik di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) khususnya di Gerbang Tol Palimanan Cirebon, Jawa Barat, pada H-1 meningkat meskipun tidak terlalu banyak, yaitu sekitar 0,7%.
Martin Sihombing | 24 Juni 2017 23:41 WIB
Sejumlah anggota kepolisian melakukan pengamanan di gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (22/6). Polda Jawa Barat mengerahkan 506 personel Brimob untuk melakukan pengamanan di jalur mudik hingga lebaran. ANTARA FOTO - Dedhez Anggara

Bisnis.com, CIREBON -  Volume arus mudik di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) khususnya di Gerbang Tol Palimanan Cirebon, Jawa Barat, pada H-1 meningkat meskipun tidak terlalu banyak, yaitu sekitar 0,7%.

"Terpantau pada Sabtu (24/6) pukul 14.00 WIB meningkat 0,7 persen menjadi 26.072 unit dari Jumat (23/6) siang yang masih 25.885 unit," kata Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Firdaus Azis di Cirebon, Sabtu (24/6/2017).

Firdaus mengatakan pemudik yang keluar dari GT Palimanan Tol Cipali arah Jawa masih mendominasi yakni 20.977 unit dan yang ke arah Jakarta sebanyak 5.095 unit.

Menurutnya trennya masih meningkat dari pagi yang masih 19.721 unit ke arah Jateng dan 4.476 unit ke arah Jakarta.

"Jumlah kendaraan yang melintas di tol Cipali tetap masih tinggi meskipun sudah H-1 dan mencapai lebih dari dua koma lima kali lipat volume lalin normal yang rata-rata 10.000 kendaraan di siang hari," tuturnya.

Firdaus menyampaikan pihaknya masih tetap memaksimalkan gardu tol sebanyak 25 gardu di GT Palimanan untuk memperlancar arus kendaraan.

Selain itu dia mengimbau kepada pengemudi untuk tidak memaksakan diri masuk ke dalam istirahat jika sudah penuh.

Pengemudi dapat beristirahat di luar area Tol Cipali dengan keluar melalui gerbang tol terdekat. Setelah itu, pengemudi bisa masuk kembali ke Tol Cipali dan tarif tolnya jika ditotal akan tetap sama saat dihitung jumlah yang mesti dibayarkan.

"Misalnya pengguna dari GT Cikarang Utama keluar di GT Subang, lalu masuk lagi melalui GT Subang hingga GT Palimanan Utama, maka total tarif yang dibayarkan sama dengan tarif langsung GT Cikarang Utama ke GT Palimanan Utama, yakni sebesar Rp 111.000 atau tarif normal," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top