PULANG KAMPUNG NAIK PESAWAT: Hari Ini Diprediksi Puncak Pemudik

Manajemen PT Angkasa Pura II cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatra Barat memperkirakan H-1 atau Sabtu (24/6/2017) hari ini bisa menjadi puncak arus mudik melalui bandara ke Sumbar.
Heri Faisal | 24 Juni 2017 12:54 WIB
Ilustrasi. - .Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, PADANG—Manajemen PT Angkasa Pura II cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatra Barat memperkirakan H-1 atau Sabtu (24/6/2017) hari ini bisa menjadi puncak arus mudik melalui bandara ke Sumbar.

Fendrick Sondra, Humas AP II cabang BIM memperkirakan jumlah pemudik bisa tembus 10.000 orang pada hari ini.

“Bisa jadi hari ini puncak arus mudik. Mungkin bisa tembus 10.000 orang,” katanya, Sabtu (24/6/2017).

Dia menyebutkan H-2 dan H-1 Lebaran tahun ini bisa dibilang sebagai puncak arus mudik karena merupakan hari terakhir kerja, dan Lebaran yang kemungkinan besar jatuh pada Minggu, 25 Juni.

Menurutnya, sesuai jadwal sejumlah maskapai yang mengajukan extra flight atau penerbangan tambahan masih akan beroperasi hari ini untuk melayani tingginya permintaan penumpang.

Begitu juga dengan maskapai yang mengganti pesawat biasa dengan jenis pesawat berbadan besar dengan kapasitas mencapai 400 seat, juga dioperasikan hari ini.

Adapun, sepanjang H-2 Lebaran atau Jumat, 23 Juni, perseroan mencatatkan jumlah pemudik yang datang melalui BIM naik 14% menjadi 8.336 penumpang dari tahun sebelumnya 7.344 orang.

“Naik 14% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jumlah pesawat juga naik 5% dari 43 penerbangan menjadi 45 penerbangan pada H-2 tahun ini,” ujarnya.

Tidak hanya kedatangan, angka keberangkatan penumpang dari Sumbar menuju daerah lainnya juga tinggi. Bahkan meningkat hingga 46% menjadi 5.521 orang dari periode yang sama tahun lalu 3.777 orang penumpang.

Periode akhir kerja pada Kamis, membuat banyak penumpang yang pulang atau meningalkan Sumbar pada Jumat, 23 Juni.

“Kebanyakan yang berangkat dari BIM adalah pekerja yang pulang kampung ke Jawa,” kata Fendrick.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bandara Minangkabau

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top