Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ikapi Jakarta Tingkatkan Melek Literasi & Budaya Membaca Masyarakat

-Ikatan Penerbit Indonesia DKI Jakarta akan terus konsisten menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan melek literasi dan menumbuhkan budaya membaca bagi masyarakat secara luas.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 17 Mei 2017  |  06:51 WIB
Ikapi Jakarta Tingkatkan Melek Literasi & Budaya Membaca Masyarakat
Suasanya masyarakat memilih buku yang akan dibeli dan dibaca. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-Ikatan Penerbit Indonesia DKI Jakarta akan terus konsisten menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan melek literasi dan menumbuhkan budaya membaca bagi masyarakat secara luas.

Tatang T. Sundesyah, pengurus Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta, mengatakan konsistensi Ikapi tersebut dilakukan dengan mengajak masyarakat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti Islamic Book Fair (IBF) di Jakarta Convention Center, belum lama ini.

“Antusiasme masyarakat mengunjungi IBF cukup menggembirakan di tengah arus deras beraneka produk digital yang bersumber di internet. Hal itu menjadi indikator bahwa buku masih mendapat ruang minat bagi khalayak ramai,” katanya, Selasa (16/5/2017).

Menurutnya, situasi yang kondusif itu perlu dijaga momentumnya oleh seluruh pemangku kepentingan perbukuan di Tanah Air, termasuk dengan melaksanakan berbagai program literasi seperti pelatihan penulisan, workshop membaca cepat, dan seminar perbukuan.

Dia menjelaskan ada banyak aspek dari buku yang bisa dikemas agar kualitas  budaya membaca semakin baik lagi, diantaranya dengan kemasan program literasi dari sebuah buku yang digarap secara berbeda untuk buku anak, buku remaja, buku keluarga, dan jenis buku lainnya.

Dengan demikian, lanjutnya, nanti kegiatan melek literasi dan budaya membaca akan berpengaruh pada pola sikap, pola pikir, dan cara manusia memandang dunia.

Untuk itu Ikapi DKI Jakarta, besok siang, Rabu (17/5/2017), akan menyelenggarakan diskusi leterasi bertema Saatnya melek leterasi untuk kejayaan bangsa, dengan nara sumber Hikmat Kurnia Ketua Ikapi DKI Jakarta dan Arys Hilman Nugraha CEO Republika Penerbit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku IKAPI
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top