Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

EKONOMI AS: Jerman Prediksi Uncle Trump Segera Bawa AS Tinggalkan Pasar Bebas

Perintah Presiden Amerika Serikat Donald Trump kepada pejabatnya untuk mengatur defisit perdagangan dinilai Jerman sebagai pertanda bahwa Paman Sam akan beranjak dari perdagangan bebas.nn
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 02 April 2017  |  01:33 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. - REUTERS/Jonathan Ernst
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. - REUTERS/Jonathan Ernst

Bisnis.com, JAKARTA — Perintah Presiden Amerika Serikat Donald Trump kepada pejabatnya untuk mengatur defisit perdagangan dinilai Jerman sebagai pertanda bahwa Paman Sam akan beranjak dari perdagangan bebas.

Menteri Perekonomian Jerman Brigitte Zypries mengatakan perintah Trump walau hanya meminta meninjau penyebab defisit perdagangan hal itu sebagai sebuah sinyal yang kuat.

“Hal itu menunjukkan bahwa AS akan segera beranjak dari perdagangan bebas,” ujar Zypries, Sabtu (1/4) waktu setempat.

Zypries mengatakan Jerman dan AS perlu mengadakan dialog konstruktiv untuk mencari penyebab defisit neraca perdagangan. Menurutnya, penyebab defisit tak hanya berasal dari dalam negeri.

Selama bertahun-tahun, Amerika Serikat telah mengimpor barang lebih banyak dari Jerman daripada ekspor. Akibatnya, defisit perdagangan AS dengan Jerman menjadi dua kali lipat dalam sepuluh tahun terakhir.

Statistik Federal Jerman menyebut pada 2006, defisit perdagangan AS terhadap Jerman sebesar 28,8 miliar euro. Jumlah itu melonjak tajam pada 2016 menjadi 49 miliar euro.di tahun 2006 menjadi 49 miliar euro pada tahun 2016, menurut data dari Statistik Kantor Federal Jerman

Sebelumnya pada akhir pekan kemarin, Trump menginstruksikan jajarannya untuk mempelajari penyebab defisit perdagangan AS dan menekan negara-negara yang menyalahgunakan aturan-aturan perdagangan. Tujuannya, untuk memberikan “babak baru” bagi para pekerja dan pebisnis di negeri Paman Sam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdagangan internasional jerman Donald Trump

Sumber : Reuters

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top