Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo Daya Sejahtera Bangun Assessment Center

PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yang bergerak di bidang tenaga kerja tahun ini mengembangkan Assessment Center Pelindo (ACP) sejalan dengan rencana pengembangan tenaga kerja berbasis teknologi informasi (TI).

Bisnis.com, SURABAYA – PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yang bergerak di bidang tenaga kerja tahun ini mengembangkan Assessment Center Pelindo (ACP) sejalan dengan rencana pengembangan tenaga kerja berbasis teknologi informasi (TI).

Direktur Utama PDS, Gugus Wijonarko mengatakan pengembangan ACP tersebut akan dimulai dalam waktu maksimal 6 bulan ke depan setelah penandatanganan kerja sama atau MoU dengan Assessment Center Indonesia (ACI) oleh Telkom.

“Awal bulan depan saja kami sudah mulai lakukan assessment untuk calon-calon supervisor dari PT BJTI (Berlian Jasa Terminal Indonesia) yang sudah daftar,” katanya di sela-sela HUT ke 3 PDS dan MoU PDS dengan ACI Telkom Indonesia, Selasa (21/3/2017).

Adapun ACP yang dibangun oleh PDS bersama dengan ACI tersebut berada di lantai 2 Gedung Barunawati yang dikelola oleh anak usaha Pelindo III yakni PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI).

Gugus menjelaskan kerja sama yang dilakukan dengan Telkom tersebut bertujuan untuk mempersiapkan rencana pembentukan ACP dan konsultasi terkait pembinaan dalam pembuatan standar operasi, pengembangan dan pembinaan materi stimulasi, pengembangan kertas kerja dan pembinaan standarisasi fasilitas ACP.

“Selain itu kerja sama dengan Telkom ini merupakan sinergi BUMN, di mana Telkom merupakan lembaga yang sudah berpengalaman dan lembaga yang direkomendasikan oleh Kementerian BUMN agar ACP ini bisa mengembangkan kompetensi SDM di lingkungan Pelindo III,” imbuhnya.

Gugus menambahkan, selain menandatangai kerja sama dengan Telkom, PDS juga menandatangai MoU dengan direksi Pelindo III beserta seluruh anak usahanya yang akan memanfaatkan ACP untuk proses assessment tenaga kerjanya.

“Tidak menuntup kemungkinan, BUMN lain pun juga bisa memanfaatkan Assessment Center kami sepanjang kita punya komitmen di mana PDS menghadle pekerja dan kami bertanggung jawa untuk mendidik, mengelola sampai pensiun tertentu,” katanya.

Adapun hingga saat ini PDS telah menangani pekerja mencapai 3.320 orang yang tersebar di 7 provinsi atau yang ada di 11 cabang Pelindo III seperti Cilacap, Semarang, Gresik, Probolinggo, Benoa Bali, hingga ke wilayah timur seperti Kupang, Maumere, dan di utara yakni Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Tahun ini kami punya roadmap bahwa kami akan menyiapkan tenaga kerja yang diedukasi secara trampil dan yang dididik base on IT. Tahun ini kami prediksi ada 4.000 an tenaga kerja yang akan dididik PDS,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper