Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UKM di DKI Diberi Pelatihan Pemasaran Lewat Marketplace

Ralali.com, situs online marketplace di Indonesia bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta menggelar pelatihan bagi anggota komunitas UKM binaan yang ingin memperluas pasarnya melalui online marketplace.
Pendiri sekaligus CEO Ralali.com Joseph Aditya (kanan) memberikan penjelasan kepada Kepala UPK PPUKMP Pulogadung Jhon Frial (kiri) tentang cara bertransaksi melalui website Ralali.com/istimewa
Pendiri sekaligus CEO Ralali.com Joseph Aditya (kanan) memberikan penjelasan kepada Kepala UPK PPUKMP Pulogadung Jhon Frial (kiri) tentang cara bertransaksi melalui website Ralali.com/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ralali.com, situs online marketplace di Indonesia bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta menggelar pelatihan bagi anggota komunitas UKM binaan yang ingin memperluas pasarnya melalui online marketplace. 

Pendiri sekaligus CEO Ralali.com Joseph Aditya mengatakan tim Ralali.com akan memberikan pelatihan dan pendampingan berupa seminar dan pelatihan khusus kepada para pelaku UKM di Kawasan PIK Pulogadung selama satu tahun lamanya.

"Kami menyiapkan tim yang akan menjadi konsultan bagi rekan-rekan di kawasan tersebut untuk memberikan wawasan yang lebih dalam seputar online marketplace sekaligus membantu mereka memasarkan produk di Ralali.com," ujar Joseph melalui rilis yang diterima Bisnis pada Rabu (22/3/2017).

Dia menambahkan target Ralali.com dari pembinaan ini adalah peningkatan transaksi bisnis pelaku UKM sehingga bisnisnya menjadi semakin maju dengan pesat.

"Hal ini sesuai dengan visi dan misi Ralali.com, yaitu menjadi jembatan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memulai atau menjalankan bisnisnya dengan sukses, dengan platform yang menyediakan produk berkelas serta memudahkan para pelaku bisnis dalam negeri untuk terhubung dengan pelaku bisnis lainnya di seluruh dunia,“ ujar Joseph.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta Irwandi mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan Ralali.com yang bersedia memberikan pelatihan dan pendampingan bagi para UKM ini.

Dia mengatakan saat ini terdapat 1.200 UKM di Kawasan PIK Pulogadung dengan UKM yang paling menonjol berasal dari industri garmen, kulit, dan logam.

"Ini merupakan pertama kalinya situs online marketplace yang menawarkan program pendampingan selama 1 tahun bagi para UKM di bawah naungan kami. Sinergi ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UKM lain, dan harapannya langkah yang di lakukan Ralali.com dapat memberikan inspirasi bagi e-commerce lainnya dalam memajukan UKM di Indonesia,” paparnya.

Salah satu pelaku UKM, Nyoman Kusuma Ardhiantha dari bordiranku.com, mengatakan selama ini dia sering menghadapi kendala dalam melakukan promosi produk.

"Adanya program bimbingan online marketplace dari Ralali.com ini kami berharap dapat memperluas market share dan menambah jumlah transaksi,” katanya.

Pelaku UKM Gracia Apparel Septon Siregar juga merasa terbantu dengan adanya program bimbingan dari Ralali.com.

“Kami ingin memperluas pasar kami hingga menjangkau seluruh Indonesia, semoga dengan memanfaatkan e-commerce Ralali.com, harapan tersebut dapat terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPK PPUKMP Pulogadung Jhon Frial yang mewakili Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perdagangan (KUMKMP) Provinsi DKI Jakarta, menyebutkan, selama ini pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah e-commerce.

"Namun belum berkelanjutan, dengan adanya kerja sama melalui Ralali ini, kami harap para pengusaha disini jauh lebih berdaya," katanya.

Disebutkannya ada 1.200 pengusaha dalam kategori 691 kelas UMKM, seperti garmen, kulit, logam, mebel, pabrik, kuliner di PIK Pulogadung yang akan mendapatkan manfaat pelatihan pemasaran produk melalui Ralali dengan minat yang cukup tinggi untuk mengembangkan usaha mereka.

"Kita disini, ada 300-an orang yang dibantu pelatihan dan permodalan, ada juga yang sudah usaha kecil dan segmen menengah sebanyak 400 sentra garmen yang didominasi dengan produksi jasa tekstil seperti pakaian, jaket, sarung tangan, sepatu, dan produk industri lainnya," paparnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan usaha perdagangan berbasis online meningkat dalam 10 tahun terakhir, menjadi 26 juta lebih atau naik 17% serta diikuti dengan jumlah pelaku UKM mencapai 55 juta unit lebih.

Ralali.com, hadir sebagai B2B marketplace di Indonesia pada 2013, untuk menjembatani para supplier atau produsen tunggal agar memudahkan mereka untuk melakukan jual beli produknya secara online dengan aman, cepat, mudah dan terjamin.

Ralali.com, dilengkapi dengan fitur “Buat Permintaan” yang membantu pengguna (user) untuk menemukan produk yang dibutuhkan. Cara penggunaanya bisa dengan kata kunci produk, merek tertentu atau cukup mengunggah (upload) foto produk atau toko yang pernah dilihat. Selanjutnya, tim Ralali.com akan membantu untuk mencarikannya.

Sejak awal berdiri hingga tahun 2015, Ralali.com dikenal sebagai situs B2B marketplace dalam penyediaan produk industrial seperti produk MRO (Maintenance, Repair, Operation) dan HoReCa (Hotel, Restaurant, Café).

Awal 2017, Ralali.com menambah kategori produk mulai dari peralatan rumah tangga, fashion, make up, dan lain sebagainya untuk memenuhi tingginya permintaan kebutuhan dari para pengguna jasa Ralali.com dari UKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper