Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Gula Tutup, Petani di Kendal Tak Lagi Tanam Tebu

Ditutup dan berhenti produksinya pabrik gula yang ada di Cepiring Kendal membuat ratusan petani tebu di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, beralih tanam dari tebu ke jagung dan padi
Antara
Antara

Bisnis.com, SEMARANG—Ditutup dan berhenti produksinya pabrik gula yang ada di Cepiring Kendal membuat ratusan petani tebu di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, beralih tanam dari tebu ke jagung dan padi.  

Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Kendal Hardjito, mengatakan kalau petani tebu di Kendal berkurang. Sebab, keuntungannya tidak sebanding dengan modal dan tenaga yang dikeluarkan.

Sebelum pabrik gula Cepiring tutup pada 2016, jumlah petani tebu di Kendal ada 500 orang lebih. Mereka menanam tebu di lahan yang luasnya mencapai 600 hektar.

"Sekarang petaninya tinggal 200 orang. Mereka menanam di lahan yang luasnya sekitar 400 hektar," katanya, seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, kamis (2/3).

Sementara itu Ketua Asosiasi Petani Tebu Kendal Tardi, mengatakan selama pabrik gula Cepiring tutup petani menjual tebunya ke Kudus, Blora, Pati, Pemalang dan Tegal. Sehingga keuntungan petani habis untuk transpotasi.

"Biaya transpotasi sekali angkut ke luar, sama dengan biaya angkut 5 kali ke pabrik gula Cepiring," ujarnya.

Tardi menjelaskan, dirinya baru bertemu dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kendal dan Provinsi, serta Komisi B DPRD Jawa Tengah. Pertemuan itu, salah satunya membahas petani tebu yang sudah beralih tanam ke tanaman lain.

Terkait dengan hal itu, wakil ketua Komisi B Provinsi Jawa Tengah, Yudhi Sancoyo, usai bertemu dengan petani tebu dan Dinas Pertanian dan Perkebunan, mengatakan kedatangannya ke Kendal untuk menyerap aspirasi petani tebu. Sebab sekarang ini, sudah banyak petani tebu yang beralih tanam ke tanaman lain.

"Ternyata penyebabnya harga tebu rendah dan banyak pabrik gula di Jawa Tengah yang tutup. Padahal gubernur sudah mencanangkan, tahun 2019, Jawa Tengah swasembada gula, " kata Yudhi.

Yudhi menambahkan, pemerintah Provinsi Jawa Tengah, tahun ini mendapat bantuan Rp1 triliun dari pemerintah pusat, untuk membenahi dan membuat pabrik gula. Pabrik gula yang akan dibenahi salah satunya di Rendeng, Kudus. 

"Anggaran itu, juga untuk membuat pabrik gula di Comal," jelasnya.

Menurut Yudhi, hingga kini sudah ada sekitar 7 pabrik gula di Jawa Tengah, yang gulung tikar. Pabrik itu, berada di Tegal , Kendal, Klaten dan Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper